Tech

8 Update Direct Message Instagram Mulai dari Emoji Custom sampai Mode Menghilang

Kezia Kevina Harmoko

Posted on October 1st 2020

(Instagram)

Direct message di Instagram bakal punya banyak perubahan nih. Setelah pertengahan bulan Agustus lalu muncul kabar bahwa DM akan digantikan oleh Messenger sebagai bentuk penyatuan Instagram Facebook. Jadi, kita bisa hubungi orang yang menggunakan Instagram melalui Facebook dan juga sebaliknya.

Ternyata, pembaruan direct message bukan hanya itu lho. Bakal ada update berupa fitur yang mirip dengan yang sudah dimiliki Messenger, mulai dari stiker selfie, mode chat menghilang, Watch Together, warna chat yang bisa diatur, reaksi emoji custom, dan tambahan pengaturan privasi.

Notifikasi pembaruan (Instagram)

Kalau deretan fitur baru ini tersedia untuk kamu, bakal ada notifikasi ketika kita masuk ke Instagram yang menanyakan apa kita mau memperbarui aplikasi untuk mendapatkan fitur-fitur tersebut atau tidak. Kalau belum ada notifikasi seperti itu, berarti masih belum beruntung nih. Sambil menunggu, simak fitur-fiturnya berikut ini.

1. Warna chat yang bisa diatur

(Instagram)

Kalau saat ini bubble chat di DM masih berwarna ungu gradasi biru, nanti kita bakal punya pilihan untuk mengatur warna yang kita mau lho! Ada pilihan tema warna gradasi, warna ala-ala tie-dye, tema cinta yang berwarna merah muda, sampai tema pride yang punya warna pelangi.

2. Emoji reaksi custom

(Instagram)

Kalau biasanya kita hanya bisa memberikan emoji hati merah di chat atau foto yang dikirim melalui direct message, nanti kita bisa lho mengatur emoji apa untuk memberikan reaksi. Kita bisa bikin shortcut yang isinya emoji pilihan kita.

3. Stiker selfie

(Instagram)

Bingung mau kasih reaksi apa? Stiker selfie bisa jadi jawabannya. Tinggal ambil foto, terus jadi stiker lalu kirim deh!

4. Mode menghilang

(Instagram)

Mau mengghibah atau bicara tentang suatu hal yang super rahasia? Mode menghilang atau vanish mode ini bisa banget dipakai. Fitur ini bakal bikin chat kita hilang ketika sudah dibaca atau ketika kita menutup chat tersebut. Mantap!

5. Watch together

(Instagram)

Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan kita untuk menonton konten IGTV, Facebook Watch, acara TV, dan nantinya Reels, bersama dengan keluarga atau teman melalui video call. Asyik banget kan?

6. Kontrol pesan

(Instagram)

Karena nantinya direct message Instagram bakal terintegrasi dengan Messenger Facebook, ada pengaturan tambahan untuk mengontrol siapa yang bisa mengirimi kita pesan. Bisa kita nonaktifkan, atur agar masuk ke permintaan pesan, atau diperbolehkan.

7. Pembaruan report

(Instagram)

Kalau biasanya kita hanya bisa melaporkan akun, kini kita juga bisa lho melaporkan pesan yang dinilai kurang pantas di Instagram.

8. Pusat akun dan saran blokir

(Instagram)

Karena Instagram dan Facebook bakal terintegrasi, akan ada sebuah pusat akun untuk mempermudah kita mengontrol semua akun kita. Di sana, kita bisa menemukan saran untuk memblokir akun yang mungkin sudah kita di blokir di Facebook atau Instagram. Jadi lengkap deh, kita blokir di dua platform!

Belum jelas kapan semua fitur ini bakal tersedia untuk semua pengguna Instagram, namun Facebook sebagai perusahaan yang menaungi media sosial tersebut berkata kalau pembaruan ini akan segera rilis di beberapa negara dengan akan merilisnya secara global dalam waktu dekat. Sabar dulu ya! (*)

 

Related Articles
Tech
Ganti Logo Setelah 7 Tahun, Messenger Hadirkan Fitur Baru Mirip Instagram

Tech
Update! Instagram Hilangkan Limit Durasi Video Live, Plus, Bisa Diarsipkan

Tech
Makin Mudah, Kini Pengguna Instagram Bisa Kumpulkan Donasi Saat Siaran Live