Hobi

Animal Crossing dan Pokemon Sword & Shield Raih Japan Games Awards

Ahmad Redho Nugraha

Posted on September 28th 2020

Di tengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia, game online menjadi hiburan wajib yang mengisi keseharian banyak orang. Game Animal Crossing: New Horizons, Pokemon Sword dan Pokemon Shield menjadi primadona.

Jepang ternyata memberikan perhatian khusus kepada ketiga game ini. Karena itulah, ketiganya memperoleh penghargaan di Japan Game Awards. Kriterianya, ketiganya memberi dampak positif terhadap industri game secara umum, sekaligus karena kualitas mereka. 

Penghargaan tersebut diberikan dalam event Tokyo Games Show (TGS) yang digelar CESA, organisasi yang juga menyelenggarakan penghargaan Japan Game Awards. Penilaian memiliki beberapa indikator, seperti dampak terhadap kekuatan industri game dari segi penjualannya yang amat tinggi maupun reputasinya yang baik di mata para pemainnya.

Meski diselenggarakan di Jepang, Japan Game Awards tidak hanya diperuntukkan bagi game buatan perusahaan Negeri Sakura tersebut. Call of Duty: Modern Warfare juga memperoleh penghargaan yang sama pada tahun ini.

Animal Crossing: New Horizons secara spektakuler memenangkan tiga penghargaan, termasuk Grand Award sebagai game of the year. Mereka juga memenangkan penghargaan Award for Excellence serta The Minister of Economy, Trade, and Industry Award.

Pokemon Sword and Pokemon Shield di sisi lain memenangkan beberapa penghargaan, seperti Global Award for Japanese Product dan Best Sales Award. Best Sales Award adalah penghargaan untuk game dengan angka penjualan tertinggi dalam periode April 2019 hingga Maret 2020.

Animal Crossing tertinggal di belakang Pokemon karena game-nya baru dirilis pada Maret 2020 lalu, walaupun angka penjualannya setelah Maret 2020 jauh melampaui Pokemon. (*)

 

Artikel Terkait
Tech
Fujifilm Rilis Instax Mini Link, Printer Portabel buat Pemain Nintendo Switch

Hobi
Siap Dirilis September Nanti, Nintendo Switch Pro akan Dipamerkan di E3 2021

Hobi
Nintendo Akan Rilis Trial Game "Pokken Tournament DX" di Konsol Nintendo Switch