Tech

Siap Jajal Industri Game Streaming, Amazon Luncurkan Luna

Ahmad Redho Nugraha

Posted on September 27th 2020

Setelah merambah berbagai lini usaha, kini giliran industri video game streaming yang dijajal oleh Amazon. Luna akan menjadi layanan streaming video game milik Amazon.

Game di Luna akan dapat diakses lewat server Amazon dan dapat ditayangkan pada iPhone, iPad atau TV lewat Fire TV Stick milik Amazon. Aksesibilitas Luna via produk Apple tersebut memisahkan Luna dari kompetitor lainnya di industri yang sama. Mengingat Google Stadia dan XBoxx Game Pass Ultimate tidak bisa diakses via iOS.

Meski demikian, Luna kemungkinan juga akan dapat diakses via perangkat Android di masa mendatang. Pengguna Luna yang memiliki iPhone akan dapat meminta early access pada Kamis (1/10) mendatang.

Luna akan menampilkan saluran gaming dari perpustakaan games mereka. Peluncuran Luna dibuka dengan layanan Luna+ yang dapat dipesan berlangganan seharga USD6 (sekitar Rp. 90.000) per bulan.

Perpustakaan games Luna+ akan terus berkembang dan menambah jumlah game yang bisa dimainkan secara live streaming. Untuk sementara, game-game inilah yang akan tersedia di Luna:

1. Control
2. Yooka-Laylee and the Impossible Lair
3. Sonic Mania
4. Resident Evil VII
5. Panzer Dragoon
6. A Play Tale: Innocence
7. The Surge 2
8. Iconoclasts
9. GRID
10. ABZU
11. Brothers: A Tale of Two Sons

Judul-judul game tersebut akan tersedia dalam kualitas tampilan 4K 60 FPS dan pelanggannya akan dapat mengikuti dua tayangan streaming sekaligus.

Sama seperti Stadia, Amazon juga akan merilis kontroler Luna yang terhubung langsung ke servernya, demi mengurangi lag sepanjang gameplay. Kontroler ini memiliki kemampuan koordinasi 30 milidetik lebih akurat daripada permainan dengan kontroler DualShock 4 atau kontroler nirkabel XBox. Kontroler Luna nantinya akan dijual dengan harga awal USD50 (sekitar Rp. 735.000)

Berhubung Twitch dimiliki oleh Amazon, konten layanan streaming Twitch akan terintegrasi langsung dengan Luna dan demikian pula sebaliknya. Early access Luna baru bisa dipesan di wilayah Amerika Serikat.

Luna akan diluncurkan dalam event Amazon pada Kamis pekan depan.

Related Articles
Interest
WHO Dukung Mabar Selama Self-quarantine

Hobi
Gamer "Ninja" Akhirnya Kembali ke Platform Twitch

Tech
Amazon, Facebook dan Instagram Rambah Industri Musik Lewat Fitur Baru Mereka