Current Issues

Pandemi, Google Rayakan Ulang Tahun Ke-22 Lewat Doodle yang Sedang Pesta Online

Dwiwa

Posted on September 27th 2020

 

Google telah bertumbuh menjadi mesin pencari terbesar di dunia. Di Indonesia, Google bahkan mendapat julukan mbah karena dianggap sebagai pihak yang serba tahu dan mampu memberikan jawaban untuk setiap pertanyaan.

Tapi meskipun disebut mbah oleh sebagian masyarakat Indonesia, usia Google sebenarnya baru 22 tahun lho. Yap, 22 tahun lalu, sebuah ide untuk membuat prototipe mesin pencari berskala besar muncul dari dua orang mahasiswa PhD dalam penelitian proyek di Universitas Stanford California.

Ide yang dicetuskan oleh Sergey Brin dan Larry Page ini kemudian berkembang dan menjadi apa yang sekarang dikenal dengan nama Google. Pemilihan nama Google sendiri bukan dilakukan tanpa alasan.

Menurut The Sun, nama itu sengaja dipilih karena merupakan ejaan umum dari googol. Googol ini merupakan istilah matematika untuk angka 1 yang diikuti 100 angka nol.

Googol ini sangat sesuai dengan tujuan mereka membangun mesin pencari berskala besar tersebut. Kala itu mereka berkeinginan untuk meningkatkan cara orang berinteraksi dengan kekayaan informasi di World Wide Web.

Dua orang tersebut bisa dibilang bertemu secara tidak disengaja. Sergey merupakan orang yang ditugaskan untuk mengantar Larry, yang saat itu berencana kuliah di Universitas Stanford, berkeliling kampus.

Tetapi dari pertemuan tidak sengaja itu justru membawa mereka menjadi penemu dari mesin pencari paling besar di seluruh dunia. Proyek yang awalnya bernama BackRub buatan mereka menarik minat akademisi dan investor Silicon Valley hingga lahirlah Google Inc pada 2008.

Semenjak itu Google terus berkembang dan mengeluarkan berbagai produk teknologi. Surat elektronik hingga beragam aplikasi telah lahir dari perusahaan raksasa ini. Bahkan sekarang telah beroperasi di seluruh dunia dalam lebih dari 100 bahasa.

Dan untuk perayaan ulang tahunnya yang ke-22, Google pun membuat Doodle yang menarik pada hari ini. Jika kalian membuka halaman utama mesin pencari, akan terlihat huruf G biru yang mengenakan topi ulang tengah melakukan video call bersama teman-temannya.

Mereka terlihat seperti sedang melakukan pesta perayaan secara online. Doodle ini seolah juga mengingatkan pada para pengguna jika saat ini masih pandemi Covid-19 dan sebisa mungkin melakukan jaga jarak dan menghindari acara pesta serta kumpul-kumpul untuk sementara.

Sebagai informasi tambahan, hari jadi Google sebenarnya cukup membingungkan. Selama beberapa tahun mesin pencari ini mengalami beberapa perubahan. Perayaan ulang tahun Google bahkan tercatat sempat berganti menjadi empat kali, mulai dari 8 September pada 2003, kemudian 7 September pada 2004, dan 26 September pada 2005.

Kemudian sejak 2006, barulah Google mulai merayakan ulang tahun setiap tanggal 27. Sejak saat itu hingga sekarang Google selalu merayakan ulang tahun di hari yang sama.

Selamat ulang tahun Google! (*)

Related Articles
Current Issues
Google Doodle Aja Pakai Masker, Masa Kamu Enggak?

Current Issues
Facebook Perpanjang Masa WFH Karyawannya Hingga Akhir 2020

Current Issues
Berapa Lama Sih Kita Boleh Nggak Pakai Masker Saat Ngobrol?