Tech

Twitter Akan Peringati Pengguna Jika Mau Retweet Berita Tanpa Dibaca Dulu

Kezia Kevina Harmoko

Posted on September 27th 2020

(Twitter)

Twitter semakin berbenah nih dengan fitur-fitur terbarunya. Beberapa waktu lalu media sosial satu ini menyatakan bakal merilis sebuah fitur untuk mengingatkan pengguna agar membaca dahulu artikel yang akan di retweet. Imbauan ini mulai diuji coba pada bulan Juni lalu, muncul ketika kita mau me-retweet artikel yang belum kita klik untuk dibaca.

Dilansir dari The Verge, tujuan dari fitur ini adalah untuk meningkatkan diskusi yang memiliki informasi akurat. Seperti yang ditulis pada imbauan tersebut, “judul berita tidak menceritakan isi keseluruhan” alias bisa punya potensi menyesatkan. Setidaknya, ketika pengingat ini muncul, keinginan untuk membaca jadi terdorong atau malah mengurungkan niat untuk retweet.

Benar saja. Uji coba yang baru dilakukan pada pengguna Android ini punya hasil yang menarik. Dengan adanya fitur tersebut, Twitter mengklaim kalau orang-orang yang menerima imbauan tersebut membuka berita 40% lebih sering.

Sebanyak 33% orang yang akan me-retweet tanpa membaca juga jadi membaca artikel tersebut terlebih dahulu. Perusahaan media sosial ini juga berkata kalau beberapa orang nggak jadi retweet karena imbauan tersebut. Lumayan bisa mengurangi berita viral yang ternyata nggak akurat, sekaligus melatih warganet biar literasinya lebih maju.

Twitter bakal merilis fitur ini ke semua pengguna beberapa waktu mendatang dan nantinya imbauan ini akan jadi lebih kecil setelah satu kali dilihat pengguna. Setelah melihat sekali, kita dianggap paham kalau harus banget membaca dahulu sebelum membagikannya.

Selain fitur pengingat ini, Twitter juga menguji coba beberapa fitur seperti membatasi siapa yang bisa memberi komentar di tweet kita dan mengimbau untuk tidak berkomentar menyerang. Semoga aja nanti ada fitur pengingat setiap kali kita mau mentweet juga biar dunia Twitter semakin damai. (*)

Related Articles
Tech
Twitter Punya Fitur Baru, Bakal Tampilkan Jumlah Retweet dengan Komentar

Tech
Makin Mudah! Twitter Bakal Ubah ‘Retweets with comments’ Jadi ‘Quote’

Tech
Setelah Fitur Audio Tweet, Twitter Akan Uji Coba Pesan Suara di Direct Message