Entertainment

Ganti Genre, 7 Fakta Album Pop Punk Machine Gun Kelly ‘Tickets To My Downfall’

Kezia Kevina Harmoko

Posted on September 26th 2020

Kalau biasanya kita tahu Machine Gun Kelly itu seorang rapper penuh tato yang lagu-lagunya asyik banget, Jumat (25/9) lalu, penyanyi bernama asli Colson Baker itu membuktikan kalau ia juga bisa bermusik dengan genre lain yaitu pop punk.

Yup, album terbarunya, Tickets To My Downfall, punya vibes lagu-lagu rock tahun 2000-an yang catchy dan liriknya yang bernuansa masa-masa emo. Dengan gitar pink miliknya yang khas, musisi kelahiran 30 tahun lalu ini benar-benar memanjakan telinga kita dengan lantunan musiknya. Mau tahu fakta-fakta lain tentang album ini? Yuk simak!

1. “Berganti” genre dari rap ke pop-punk

Tickets To My Downfall jadi album studio kelima yang dirilis Machine Gun Kelly. Sebelumnya, di album Hotel Diablo sebenarnya Colson sudah menunjukkan sisi rock dirinya walaupun belum total karena masih ngerap. Kini di album terbarunya ia benar-benar “ganti haluan” ke musik rock. Apalagi di album ini Travis Barker jadi produsernya, cocok banget deh!

Tapi, bagi musisi sekaligus aktor satu ini, ia nggak menganggap dirinya berganti genre musik. Dilansir dari USA Today, ia berkata, “Aku membuat album pop-punk dan semua orang bilang, ‘kamu ganti genre.’ Tapi menurutku aku hanya menambahkan beberapa hal yang sudah kulakukan, sebenarnya, […]”

Melalui tweetnya Colson juga sempat mengatakan kalau ia tidak akan berhenti dari rap. Ketika ia melakukan seni peran juga bukan berarti ia berhenti dari musik. Menurutnya, pekerjaan kreatif itu memang harus melawan berbagai halangan, bukan tetap di satu tempat aja.

 

2. Tanggal rilis sempat tertunda

Sebenarnya Tickets To My Downfall direncanakan bakal rilis di awal 2020 dengan segala teaser yang sudah diunggah Colson. Tapi, lagi-lagi karena pandemi, semua rencana harus diatur ulang. Akhirnya ditetapkan kalau album ini rilis 25 September 2020, cocok untuk bikin suasana pandemi lebih ceria.

 

3. Cover album diganti beberapa hari sebelum dirilis

Sebenarnya, sampul album yang beredar saat ini bukan versi pertama yang awalnya bakal digunakan. Melalui video teaser yang diunggah di kanal YouTubenya, sampul album sebelumnya yang bergambar laki-laki jatuh itu harus diganti padahal saat itu Colson sudah menandatangani 13.000 buah.

Tim Machine Gun Kelly disebut tidak bisa menggunakan gambar tersebut karena tidak punya hak legal terhadap gambar aslinya. Jadi deh Colson foto sampul album di rumahnya, di kolam renang yang dikeringkan, nggak pakai ribet langsung jadi.

 

4. Berisi 15 lagu, termasuk 2 interlude

Diantara 15 lagu dalam album ini, ada dua lagu yang menarik perhatian karena bukan lagu biasa melainkan interlude. Ada Kevin and Barracuda yang berisi percakapan telepon absurd antara Colson dan sahabatnya, Pete Davidson. Nama Kevin dan Barracuda adalah nama mereka masing-masing jika mereka berubah jadi… alien.

Banyan Tree yang mengabadikan pembicaraan manis antara Colson dan pacarnya, Megan Fox, di bawah pohon banyan. Dengan iringan gitar, mereka saling mengekspresikan rasa bahagia mereka ketika bertemu.

 

5. Bloody Valentine berhasil memenangkan MTV VMA

(Music Mayhem Magazine)

Lagu pertama yang dirilis untuk album ini, Bloody Valentine, berhasil memenangkan MTV Video Music Awards di penghargaan best alternative. Memang sih lagu ini catchy banget dan juga kontroversial karena Megan Fox jadi bintang video musiknya. Saat itu mereka lagi hangat-hangatnya dibicarakan karena bikin publik terkejut dengan hubungan mereka.

Melalui wawancara yang dilakukan Teen Vogue, musisi asal Cleveland ini mengatakan kalau video musik Bloody Valentine jadi MV favoritnya lho. Sebelumnya ia memfavoritkan video musik Sail, tapi karena “hal-hal personal” (alias Megan Fox), Bloody Valentine jadi berhasil mengantikan posisi Sail.

 

6. Ajak empat musisi lain

Nggak mengisi album ini sendirian, Machine Gun Kelly mengajak musisi lain seperti Halsey di lagu Forget Me Too, Trippie Redd untuk lagu All I Know, blackbear di lagu My Ex’s Best Friend, dan iann dior untuk lagu Nothing Inside.

Kolaborasinya dengan blackbear yang punya vibes lebih modern daripada pop-punk klasik ini berhasil menempati top 10 tangga lagu Billboard untuk Hot Rock & Alternative Songs lho!

 

7. Lagu urutan terakhir didedikasikan untuk anaknya, Casie

Dilansir dari unggahan Instagramnya, Colson sempat mencapture percakapan antara dirinya dan anaknya, Casie. Ia berkata kalau ia membuat lagu spesial untuk anak kesayangannya itu yang berjudul Play This When I’m Gone.

Diunggah pada akhir 2019, saat itu fans Machine Gun Kelly mengira kalau lagu tersebut tidak akan dirilis secara publik. “Aku menuliskannya sebuah lagu, jadi aku nggak akan punya penyesalan ketika waktuku berakhir nanti,” tulisanya di caption. Tapi ternyata, lagu tersebut muncul sebagai lagu penutup di album Tickets To My Downfall! Duh, sweet banget ya?

Nah, itu dia beberapa fakta dari album terbaru Machine Gun Kelly, Tickets To My Downfall. Lagu yang mana nih yang jadi favorit kamu? (*)

Related Articles
Entertainment
Arti di balik MV “Concert For Aliens” Lagu Rock Catchy Machine Gun Kelly

Entertainment
Gaya Baru Nih! Machine Gun Kelly & blackbear Rilis “my ex’s best friend”

Entertainment
Machine Gun Kelly x Halsey Bicara Soal Mantan yang Toxic dalam ’Forget Me Too’