Current Issues

Butuh Beberapa Kali Uji Coba untuk Temukan Vaksin Covid-19 yang Manjur

Dwiwa

Posted on September 24th 2020

­­Penyebaran Covid-19 semakin meluas. Berdasarkan data dari Worldometer, sudah lebih dari 32 juta jiwa yang terinfeksi oleh virus SARS-Cov-2 penyebab Covid-19. Dari jumlah tersebut, 982.196 diantaranya dinyatakan meninggal dunia.

Di Indonesia jumlah kasus Covid-19 telah menyentuh angka 257.388 jiwa dalam laporan pada 23 September kemarin. Dari jumlah tersebut, 9.977 orang dinyatakan meninggal dunia dan 187.958 berhasil sembuh.

Berlomba dengan waktu, para ilmuwan dan ahli kesehatan di seluruh dunia pun berupaya keras untuk segera menemukan obat dan vaksin yang manjur untuk mengatasi pandemi ini. Tetapi tampaknya, usaha itu tidak akan berjalan dengan mudah.

Beberapa vaksin potensial yang sudah memasuki uji coba fase tiga memang memberikan hasil yang cukup menjanjikan. Namun menurut Pan American Health Organization (PAHO), kemungkinan dibutuhkan uji coba beberapa kali sebelum vaksin Covid-19 yang tepat ditemukan.

“Kami berharap para ilmuwan dapat menemukan vaksin efektif yang dapat memberikan perlindungan abadi terhadap Covid. Tetapi ini mungkin membutuhkan beberapa kali uji coba sebelum menemukan yang paling sesuai,” ujar direktur PAHO Carissa Etienne dalam konferensi pers mingguan seperti dilansir dari Reuters.

Dia pun menjelaskan jika vaksin awal yang dibuat mungkin hanya akan memberikan perlindungan sebagian atau mungkin tidak cocok untuk sebagian orang. Apalagi, saat ini masih belum diketahui vaksin mana yang aman dan efektif serta bagaimana ini akan bekerja.

Menurut Etienne, jalan terbaik yang bisa dilakukan untuk negara-negara dalam memberikan perlindungan kepada warganya yang berisiko adalah dengan bergabung dengan fasilitas vaksin Covid-19 global yang dikenal dengan nama COVAX.

“Kita tahu jika tidak melakukan persiapan sekarang, kita akan melewatkan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari vaksin secara cepat. Negara tidak bisa menunggu semua jawaban sebelum mulai membuat rencana dan persiapan untuk membagikan vaksin Covid,” tambahnya.

Etienne pun menyebut jika regulator nasional harus dengan segera menilai dan menyetujui vaksin dengan cepat tetapi tanpa menggunakan jalan pintas. (*)

Related Articles
Current Issues
Vaksin Covid-19 Mungkin Tidak Akan Langsung Menyelesaikan Pandemi Covid-19

Current Issues
Vaksin Covid-19 Eksperimental Tiongkok Lolos Uji Klinis Tahap Awal

Current Issues
Meski Ada Vaksin Covid-19, Kehidupan Diperkirakan Baru Akan Normal Pada 2022