Korea

Dapat Protes Keras, SM Ubah Sistem Voting untuk NCT 2020

Delima Pangaribuan

Posted on September 24th 2020

 
Grup dengan banyak member udah lumayan lumrah di dunia KPop. Tapi mungkin nggak ada yang sebanyak NCT. Mereka punya 23 member. Jumlah member yang menyamai murid sekelas ini pun bikin SM tertarik mencoba menerapkan sistem voting buat menarik partisipasi fans.
 
Sayangnya, melansir AllKpop, sistem voting ini mendapat kritik keras dari para fans sendiri. Soalnya, SM seolah 'buka lapak' dan meminta fans untuk memilih member tertentu aja yang bisa ikutan project NCT selanjutnya. Semacam senbatsu kalau di grup idol Jepang gitu. Dan Sijeuni (fans NCT) menilai kalau ini nggak adil buat anak-anak NCT.
 

Sistem ini bakal bikin hanya member tertentu aja yang sering muncul, sementara yang lain mungkin hanya muncul sesekali. Sebab voting ini juga berlaku nggak cuma untuk lagu baru yang bakal dirilis lho, tetapi sampai ke event photoshoot dan kemunculan NCT di variety show. 
 
Karena kontroversi tersebut, akhirnya SM mengubah sistem voting NCT. Perubahan sistem ini mereka umumkan secara resmi melalui media sosial. 
 
"Kami mohon maaf karena menimbulkan kebingungan karena program voting WISH 2020 iyang akan dilaksanakan pada NCT 2020 LIVE EVENT. Kami mempersipkan WISH 2020 dalam rangka perayaan album baru full untuk grup ini. Kami merencanakan event unit grup dengaan harapan fans bisa membentuk konten promosi bersama," jelas SM.

 
SM mempertimbangkan masukan fans dan akhirnya memutuskan untuk menggelar satu jenis voting saja. Yakni untuk segmen Want!: Pilih apa yang kamu ingin NCT lakukan untukmu. Jadi, fans bisa memilih kegiatan apa yang bisa dilakukan oleh semua member NCT. Nggak cuma member tertentu aja.
 
Ke-23 member nanti akan dibagi ke beberapa unit grup dengan kegiatan mereka masing-masing. Jadi, semua bakal kedapatan bagian. "Unit grup akan dipilih oleh member NCT melalui tayangan VLive dan akan menunjukkan aspek baru dari para member melalui beragma konten," lanjut SM.
 
Melansir akun Instagram Panncafe, ada tujuh jenis kegiatan yang bisa dipilih. Antara lain kontes game seluler, 24 jam relay cam, permainan mafia seluruh kelompok, video call fansign dengan kostum, pesta piyama, misi estafet, dan menyampaikan surat video. 
 
Untuk bisa memilih, penggemar harus membeli album baru mereka. Dalam album itu nanti ada nomor seri yang harus dimasukkan untuk bisa nge-vote. Wah, semoga nanti sistem voting yang baru lebih bisa diterima dan adil buat semua member ya, guys. (*) 
 
Related Articles
Korea
Ini Profil Lengkap Dua Member Baru NCT 2020, Shotaro dan Sungchan

Korea
NCT 2020 Akan Ketambahan Dua Member, Siapakah Mereka?

Korea
Ini Dia Bocoran Lebih Lanjut Album NCT 2020 'RESONANCE Pt.1'