Sport

BWF Menahbiskan Liliyana Natsir Sebagai Pebulu Tangkis Putri Terbaik Dekade Ini

Dwiwa

Posted on September 24th 2020

(@natsirliliyana)

Atlet ganda campuran Liliyana Natsir memang telah memutuskan untuk pensiun dari dunia badminton pada 27 Januari 2019 silam. Namun itu tidak berarti jika prestasinya sebagai atlet badminton lantas terlupakan begitu saja.

Terbaru, perempuan yang akrab disapa Butet ini bahkan masih mendapat gelar pebulu tangkis putri terbaik pada dekade ini versi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF). Hal tersebut terjadi setelah dirinya mendominasi dalam jajak pendapat yang dilakukan melalui Twitter Resmi BWF.

Dari keseluruhan suara, mantan rekan Tontowi Ahmad ini berhasil mengantongi suara sebanyak 69,4 persen. Jauh mengungguli Tai Tzu Ying asal Tiongkok-Taipei, yang menjadi pebulu tangkis tunggal putri nomor satu dunia yang hanya memperoleh 30,6 persen suara.

Sebelum beradu final dengan Tai Tzu Ying, Butet telah lebih dulu menyingkirkan beberapa nama pebulu tangkis terbaik lainnya seperti Ayaka Takahasi dari Jepang, Huang Yaqiong dari Tiongkok, dan Carolina Marin dari Spanyol.

Dalam situs resminya,  BWFmengataka jika para pemilih tampaknya menganggap jika performa yang ditampilkan Liliyana selama ini lebih baik dibanding para pesaingnya. Perempuan 35 tahun ini juga dianggap sebagai salah satu pemain ganda campuran yang paling produktif dalam sejarah.

Pemberian gelar ini pun disambut dengan penuh kebahagiaan oleh Liliyanan. Melalui akun Instagram pribadinya @natsirliliyana, dia mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada orang-orang yang telah memilihnya.

Jika menengok ke belakang, prestasi yang ditorehkan oleh Liliyana sepanjang tahun 2010-an memang banyak. Berbagai gelar bergengsi telah dikoleksinya sebagai ganda campuran. Salah satu prestasi besarnya adalah berhasil membawa pulang medali emas Olimpiade 2016 di Brasil bersama dengan Tontowi. (*)

Related Articles
Sport
Tribute to Liliyana, Legenda Bulu Tangkis Indonesia

Sport
The Minions Berikan Kemenangan di Indonesia Masters 2019

Sport
Susul Butet, Tontowi Ahmad Resmi Pensiun