Interest

Kenapa KitKat Bisa Punya Banyak Rasa? Ini Sosok dan Sejarah Menarik di Baliknya

Kezia Kevina Harmoko

Posted on September 23rd 2020

(Alessandro Di Ciommo/Nurphoto/Getty Images)

Siapa sih yang nggak suka sama coklat renyah yang bentuknya khas ini? Yup, KitKat! Coklat berisi wafer dengan kemasan merah ini berhasil jadi perpaduan yang pas banget dan candunya bukan main.

Selain rasa originalnya yaitu coklat, KitKat juga punya beragam rasa lain yang biasanya dijadikan oleh-oleh kalau dari Jepang. Maklum, Indonesia paling cuma punya rasa original sama matcha aja sih. Padahal di negara asalnya, makanan satu ini punya sekitar 400 rasa lho. Gila gak tuh?

Sosok koki Yasumasa Takagi

Manajer marketing Nestlé Jepang, Yuji Takeuchi, menjelaskan kalau rasa KitKat juga ada yang terinspirasi dari beberapa bagian di negara tersebut, misalnya daerah Hokkaido yang khas dengan melon dan daerah Kyushu dengan rasa ubi ungu.

Nah, tokoh yang berjasa banget alias paling banyak menyumbang rasa KitKat adalah Yasumasa Takagi. Dilansir dari video tur behind the scene yang dilakukan oleh Great Big Story, sampai hari ini, koki tersebut telah menghasilkan 50 rasa untuk panganan coklat satu ini dan masih terus melakukan uji coba untuk rasa lain.

Yasumasa Takagi (YouTube Great Big Story)

Awalnya ketika Yasumasa bekerja, KitKat hanya memiliki satu varian rasa yaitu original. Sejak ia bergabung, mulai deh muncul rasa lain selain original. Yang paling pertama ia hasilkan adalah rasa markisa. Wah, gimana tuh rasanya KitKat rasa markisa?

Makna di balik KitKat dan budaya Jepang

Ternyata, KitKat bukan sembarang nama lho. Coklat satu ini dinamai “KitKat” karena kata tersebut dalam bahasa Jepang terdengar sangat mirip dengan kata “Kittokatsu” yang artinya “kamu pasti menang”. Mangkanya, KitKat jadi makanan yang biasanya diberikan untuk seseorang yang akan ujian atau menghadapi tes. Semacam ucapan “semoga beruntung” gitu deh! Nah, kebiasaan ini terus berlanjut hingga sekarang.

Nah, dengan ragam rasa yang ia hasilkan, Yasumasa berharap semakin banyak orang yang senang atau terkejut dengan KitKat. Makin banyak rasa, makin luas juga kan peluang untuk cocok di lidah banyak orang? (*)

 

Related Articles
Current Issues
8 Desember Dirayakan Sebagai Hari Brownies, ini Asal Usul Kue Lezat itu!

Interest
Tidak Lagi Repot, Kirim Pesan Line Cukup Pakai Suara via Google Assistant

Interest
Yuk Kenali Istilah Seputar Coronavirus, Biar Nggak Panik dan Salah Langkah