Interest

Mengenal Benyamin Sueb, Seniman Betawi yang Nampang di Google Doodle Hari Ini

Dwiwa

Posted on September 22nd 2020

 

Google Doodle hari ini (22/9) terlihat begitu meriah dengan tampilan penuh warna. Tidak hanya berwarna-warni, doodle yang muncul di halaman pencarian Google ini juga menampilkan sejumlah kesenian asli betawi lengkap dengan sosok Benyamin Sueb.

Hal itu lantaran pada hari ini tepat dua tahun yang lalu, Taman Benyamin Sueb di Jakarta telah diresmikan. Sebuah pusat budaya yang didedikasikan untuk menjunjung tinggi warisan Betawi yang selama ini juga dilakukan Benyamin dalam karyanya. Lantas, siapa sih Benyamin Sueb?

Nama Benyamin Sueb mungkin masih terdengar asing di telinga anak muda yang lahir tahun 2000-an. Hal ini tentu tidak terlalu aneh karena sosok ini memang sudah meninggal dunia pada tahun 1995, jauh sebelum gen Z dilahirkan.

Meski begitu, karya-karya dari seniman asli Betawi ini masih terus melegenda hingga saat ini. Lahir pada 5 September 1939, Benyamin merupakan salah satu seniman Indonesia yang multitalenta. Dia adalah seorang penyanyi, pelawak, aktor dan sutradara sekaligus.

Karir Benyamin di industri hiburan dimulai dengan bermusik. Sebagai anak yatim yang telah ditinggal sang ayah sejak kecil, pemeran Babe di sinetron Si Doel Anak Sekolahan ini membantu perekonomian keluarganya dengan mengamen.

Pada 1950 dia kemudian bergabung dengan sebuah band bernama Melody Boys. Dari situ karir bermusik Benyamin perlahan mulai menanjak. Lagu-lagu yang dibuat oleh Benyamin pun banyak diisi oleh idiom musik Betawi yang justru menjadi populer seperti Hujan Gerimis dan Nonton Bioskop.

Tetapi musik bukan satu-satunya jalan yang dilakoni Benyamin. Pada era 1970-an, dia juga merambah ke dunia seni peran. Film-film yang dibintanginya kebanyakan bernuansa komedi dengan dirinya sebagai sosok yang menggambarkan budaya Betawi yang begitu kental.

Berbagai film yang dibintanginya pun turut populer pada masa itu, seperti Si Doel Anak Modern, Biang Kerok, Intan Berduri, dan Banteng Betawi. Akting apiknya di film Intan Berduri dan Si Doel Anak Modern berhasil memboyong Piala Citra untuk Pemeran Utama Terbaik.

Tidak heran jika di dalam Google Doodle hari ini sosok Benyamin juga digambarkan begitu kental dengan adat Betawi. Mulai dari gaya berpakaian dengan peci dan sarung hingga ondel-ondel khas Betawi tergambar jelas dalam huruf yang menyusun kata Google.

Menurut Indra Permana, sosok dibalik doodle hari ini, karyanya terinspirasi dari beberapa sitcom Benyamin yang fenomenal. Selain itu, juga dari cara berpakaian khas Betawi-nya dan lagu hits Kompor Meleduk yang selalu mengingatkan orang-orang dengan sosok Benyamin.

Lewat karyanya ini, Indra pun berharap agar orang-orang Indonesia bisa mengenang sosok Benyamin melalui warisan karya-karyanya. Salah satu seniman Betawi legendaris yang selalu bisa menjadi inspirasi. (*)

Related Articles
Current Issues
Dua Pekan Google Dedikasikan Doodle untuk Mereka yang Berjasa Perangi Covid-19

Interest
Kenapa Google Doodle Tahun Baru 2020 Bergambar Froggy si Katak Cuaca?

Current Issues
Google Doodle: Terima Kasih Pekerja Transportasi Publik