Entertainment

Muak Dengan Penyebaran Hoax dan Rasisme, Selena Gomez DM Petinggi Facebook

Kezia Kevina Harmoko

Posted on September 21st 2020

(Allure)

Berani dan straightforward banget deh bintang satu ini. Baru-baru ini, Selena Gomez secara gamblang meminta Facebook untuk segera bertindak memberantas penyebaran informasi menyesatkan yang terus berkeliaran.

Ia mengunggah InstaStory dirinya mengirimkan pesan langsung pada Mark Zuckerberg, penemu dan CEO dari Facebook dan juga Sheryl Sandberg, COO dari perusahaan tersebut untuk menanggapi laporannya ini.

Pelantun Wolves ini berkata, “Sudah cukup lama sejak kita berbincang bersama. Kita punya masalah yang serius sekarang. Facebook dan Instagram digunakan untuk menyebarkan kebencian, informasi yang salah, rasisme, dan kefanatikan.”

(thenewsmantra.com)

“Aku meminta kalian berdua UNTUK MENGHENTIKAN ini semua. Tolong hentikan pengguna atau grup yang terus menyebarkan ujaran kebencian, kekerasan, dan informasi yang menyesatkan,” tambah penyanyi kelahiran 28 tahun lalu tersebut. Sudah ada kata-kata yang pakai huruf besar lho ya ini.

Selena berpendapat kalau kekacauan ini bisa berdampak pada masa depan, apalagi sekarang adalah periode pemilihan umum di Amerika Serikat. Suara setiap orang bisa dipengaruhi oleh apa yang mereka lihat dan percayai melalui media sosial, padahal banyak informasi yang salah dan sangat berbahaya jika dianggap sebagai sebuah fakta.

Pemilik brand kecantikan Rare Beauty ini menjadi salah satu di antara deretan figur publik dunia yang ambil aksi dalam melawan penyalahgunaan media sosial ini. Sebelumnya ada sekumpulan selebriti dunia yang bergabung dalam kampanye Stop Hate For Profit yang ditujukan agar Facebook mengambil tindakan pada penyebaran kebencian dan informasi yang salah.

Mulai dari Katy Perry, Leonardo DiCaprio, Kim Kardashian, Demi Lovato, Jennifer Lawrence dan banyak lagi memutuskan untuk stop main Instagram mereka selama satu hari sebagai bentuk protes.

Beberapa perusahaan besar juga menghentikan promosi mereka melalui iklan Facebook sebagai langkah protes. Kampanye ini menyebar di antara perusahaan besar hingga turut diikuti oleh Levi’s, The North Face, Coca Cola, Starbucks, Unilever, Honda, hingga Patagonia.

Bayangan berapa miliar uang yang melayang dari genggaman Facebook pasti bikin media sosial tersebut ketar-ketir dan mengambil tindakan.

Dilansir dari People, Mark Zuckerberg memang sempat mengumumkan akan melakukan beberapa perubahan untuk melarang ujaran kebencian muncul melalui iklan platform mereka. Namun, pihak dari kampanye Stop Hate For Profit berpendapat perubahan tersebut terhitung sangat kecil dari masalah yang sebenarnya terjadi.

Nah, Selena Gomez secara nggak langsung mengingatkan kita nih buat selalu bijak menggunakan media sosial. Jangan pernah gampang menyebarkan informasi yang belum pasti kebenarannya atau menyuarakan kebencian melalui platform apapun. Let’s make social media a better place! (*)

Related Articles
Current Issues
Katy Perry Hingga Leonardo DiCaprio Stop Main Instagram, Ini Alasannya

Entertainment
Selena Gomez Protes Keras Petinggi Media Sosial, Demi Lawan Kebencian dan Hoax

Entertainment
Selena Gomez Sudah Off dari Medsos Selama 3 Tahun, Tapi Tetap Peka sama Isu