Current Issues

Meski Sepele, Tiga Hal Ini Penting Untuk Menjaga Sistem Imun Bekerja Optimal

Dwiwa

Posted on September 18th 2020

Pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus SARS-Cov-2 ini terus menyebar luas ke berbagai belahan dunia dan menginfeksi semakin banyak orang. Sudah lebih dari 30 juta orang positif terpapar dan hampir 1 juta orang meninggal akibat Covid-19.

Sebagai virus jenis baru, belum terlalu banyak informasi terkait SARS-Cov-2 yang diketahui oleh para ahli. Obat maupun vaksin yang manjur dan efektif untuk melawan penyakit ini pun masih dalam proses pencarian.

Sembari menunggu obat dan vaksin tersedia, hal yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dari paparan virus ini adalah dengan menerapkan protokol kesehatan dan menjaga sistem kekebalan tubuh tetap optimal.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar dapat bekerja secara optimal. Suplemen vitamin dan berbagai makanan herbal telah banyak diklaim mampu meningkatkan sistem imun.

Orang-orang pun berbondong-bondong memborong dengan tujuan agar sistem kekebalan tubuh mereka bisa ditingkatkan dengan cepat. Suplemen vitamin C dan D pun menjadi salah satu yang semakin laris dipasaran.

Tetapi benarkah hanya dengan konsumsi suplemen atau apapun yang diklaim meningkatkan kekebalan tubuh benar-benar manjur? Dilansir dari Business Insider, dokter Anthony Fauci, ahli penyakit menular Amerika Serikat tampaknya kurang setuju.

“Saat kalian berbicara soal berbagai multivitamin dan herbal dan apapun yang disebut meningkatkan imunitas, itu benar-benar tidak meningkatkan kekebalan dan mungkin hanya memiliki efek plasebo yang lebih baik dari yang lainnya,” ujar Fauci.

Berbagai penelitian memang mengungkap jika kekurangan vitamin D membuat seseorang lebih rentan  terinfeksi. Dan ketika pandemi Covid-19 menyerbu, hal ini memang terbukti. Di dalam tubuh vitamin D ini dapat mengurangi peradangan dan juga membantu tubuh menyerap kalsium untuk menjaga tulang kuat dan sehat.

Sementara vitamin C kaya akan antioksidan yang mampu mengikat radikal bebas yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tetapi itu tidak lantas berarti orang-orang harus memborong multivitamin.

Dibanding dengan mengonsumsi multivitamin, Fauci lebih menekankan agar orang-orang selalu menerapkan protokol kesehatan yang disarankan para ahli. Memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun dan air atau yang dikenal dengan 3M di Indonesia.

Selain itu, untuk menjaga agar sistem imun bekerja secara optimal, Fauci menyarankan agar orang-orang melakukan 3 hal sederhana berbiaya murah tetapi memiliki dampak yang besar pada sistem imun.

“Jika kalian benar-benar ingin menjaga sistem kekebalan tubuh bekerja secara optimal, ada beberapa hal sederhana yang dilakukan yang merupakan sesuatu yang umum,” ujarnya.

Ketiga hal itu adalah tidur cukup, pola makan yang baik, serta menghindari stres. Untuk bisa mendapatkan tidur yang cukup, rata-rata orang membutuhkan waktu 7 hingga delapan jam dalam semalam.

Pola makan yang baik artinya jumlah asupan disesuaikan dengan kebutuhan. Buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin juga harus masuk ke dalam menu makanan. Untuk memulai, kalian bisa mencoba pola makan ala Mediterania yang kaya akan sayuran, minyak zaitun, biji-bijian, ikan, dan beberapa buah-buahan.

Kemudian yang terakhir adalah menghindari atau setidaknya mengurangi stres berat yang akan berdampak pada sistem imun. Beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres adalah olahraga teratur, meditasi, melatih pernapasan, berendam di air hangat, mendengarkan musik, me time, dan menghabiskan waktu bersama orang tersayang.

“Ini adalah hidup yang lebih sehat dibanding mengonsumsi suplemen apapun,” kata Fauci. (*)

Artikel Terkait
Current Issues
Pembelajaran Jarak Jauh Tak Hanya Jadi Beban Mental Anak Tapi Juga Orang Tua

Current Issues
Vitamin D Dosis Tinggi Tidak Akan Menyembuhkan dan Mencegah Covid-19

Current Issues
Efektivitas Berkumur dengan Mouthwash Sedang Diteliti untuk Cegah Coronavirus