Tech

Inilah Tampilan GrayKey, Perangkat Pembobol Sistem Keamanan iPhone

Ahmad Redho Nugraha

Posted on September 18th 2020

iPhone selama ini dikenal karena teknologinya yang aman dan anti pembajakan. Namun bagaimana jika tingkat keamanan ponsel ini terpaksa harus terpaksa dibobol untuk kepentingan intelijen atau pengusutan kasus pidana?

Sepertinya quote dari film Who am I, "No system is safe" memang relevan dengan keadaan di dunia nyata. Dalam keperluan forensik, selama ini kepolisian dan intelijen di AS kerap menggunakan teknologi perangkat GrayKey dalam mengakses lapisan keamanan iPhone demi kepentingan hukum.

Baru-baru ini, beberapa foto dari perangkat tersebut tampil di berkas online FCC (komisi komunikasi federal Amerika Serikat) dan dapat diakses oleh publik. Warganet pun kini mengetahui seperti apa bentuk GrayKey yang selama ini digunakan untuk menjebol sistem keamanan iPhone.

GrayKey pertama kali menyita perhatian publik pada 2018 silam. Perangkat ini kerap digunakan oleh penegak hukum dan kepolisian di AS demi menyelidiski iPhone yang terkunci tanpa memerlukan izin dari pemilik resminya.

Perangkat ini ternyata memiliki tampilan yang relatif sederhana. Bentuknya berupa kota berwarna abu-abu dengan dua kabel dan tiga lampu LED bundar kecil. Kedua kabel tersebut diduga berfungsi untuk mengakses perangkat iPhone yang ingin diselidiki. pada bagian belakangnya, terdapat ethernet dan port USB yang dapat dihubungkan ke komputer untuk membaca data tersebut, serta sebuah colokan pengisian daya.

Situs resmi FCC juga menampilkan bagian dalam GrayKey. Perangkat ini tampkanya dibuat dengan prosesor ARM produksi Compulab. Mainboard-nya dilindungi oleh plat logam yang menghubungkan kabel-kabel listrik di dalam sirkuitnya. Terdapat pula sebuah SSD d atas mainboard tersebut.

Perangkat ini selama ini diperjualbelikan di AS dengan izin FCC dan harus dengan FCC ID. Dengan kata lain, perangkat yang digunakan adalah perangkat yang sudah dipindai terlebih dahulu oleh FCC agar sesuai dengan standar keamanan mereka. 

GrayShift adalah perusahaan yang memproduksi GrayKey. Produk buatan mereka tersebut kerap digunakan dalam banyak pemecahan kasus hhukum, seperti tahun 2019 lalu saat FBI berusaha mengakses informasi pada sebuah iPhone 11 Pro Max yang terkunci.

Selain perangkat keras, GrayShift juga memproduksi software bernama Hide UI yang berupa spyware. Hide UI dapat dipergunakan untuk menunjukkan passcode iPhone tanpa merusak perangkatnya. Hide UI dapat dipasang pada GrayKey dan berfungsi sebagai keylogger untuk mengawasi bagaimana pengguna iPhone memasukkan passcode-nya.(*)

Related Articles
Tech
iPhone 12 Dipersiapkan untuk jadi Ponsel Gaming. Ini Spesifikasinya!

Current Issues
Ini Spesifikasi iPhone 12 yang Dikabarkan Muncul Tahun Depan

Tech
10 Hal Ini Bisa Bikin iPad atau iPhone Lawas Kamu Jadi Lebih Bermanfaat