Entertainment

Posting Kontrak Hingga Kencingi Piala Grammy, Kanye West Bikin Ramai Jagat Maya

Kezia Kevina Harmoko

Posted on September 17th 2020

(Michael Wyke/AP/Shuttershock)

Kanye West lagi jadi sorotan karena tingkahnya yang berisik di Twitter karena berselisih dengan label musiknya, Sony dan Universal. Suami dari Kim Kardashian ini mempermasalahkan kepemilikan master musiknya yang tidak bisa ia miliki, namun dipegang oleh label musik.

Akun Twitter miliknya beberapa hari ini terus membanjiri timeline dengan unggahan puluhan lembar pindaian kontrak musiknya, ujaran bahwa “industri musik adalah perbudakan”, ujaran bahwa ia akan membebaskan musisi dari kontrak yang merugikan, hingga yang terbaru adalah video mengencingi piala penghargaan Grammy di toilet.

“Percayalah, aku tidak akan berhenti,” ujarnya dalam tweet video kontroversial tersebut. Entah itu benar dirinya sendiri yang mengencingi piala tersebut atau apakah piala tersebut memang miliknya, tindakan ini bikin warganet ramai deh.

Mungkin karena lagi terbawa suasana marah dan terbakar emosi untuk memperjuangkan kepemilikan master musiknya sendiri, jadi deh musisi asal Amerika Serikat ini melakukan tindakan nyeleneh seperti itu. Tapi, Kanye sendiri sudah punya 21 penghargaan Grammy, jadi kalau satu dikencingi sepertinya nggak masalah.

Dilansir dari Variety, selain kemarahannya pada label musik, kemungkinan tindakannya ini juga bentuk protes karena ia tidak pernah lagi memenangkan Grammy sejak 2013. Jadi kesal dan hilang respect gitu deh.

Di luar itu semua, master musik di industri hiburan memang sangat penting. Master musik adalah hak lisensi terhadap musik tersebut dan pemilik dari master tersebut berhak melakukan apapun terhadap karya musik. Bebas mau diapakan deh karya tersebut dan keuntungannya masuk ke pemilik master tersebut.

Nah, kalau musisi nggak memiliki master musiknya sendiri, otomatis keuntungan karya musik masuk ke label. Musisi biasanya mendapatkan bagian dari royalti sesuai kesepakatan. Tapi, hak terhadap karya musik tetap ada di label, jadi musisi tidak punya hak untuk mengontrol karya musiknya di bawa ke mana.

Salah satu tweet musisi yang sempat akan mencalonkan diri jadi presiden ini juga menyinggung beberapa nama artis, salah satunya Taylor Swift. Kasus perihal master musik ini pernah dialami oleh bintang pop dunia tersebut. Saat itu, manajer lamanya, Scott Borchetta, menjual Big Machine Records dan master musik miliknya ke Scooter Braun. Tentunya Taylor saat itu berusaha memiliki kembali musik miliknya sendiri.

Entah bagaimana kelanjutan kisruh Kanye West dengan label musiknya ini. Semoga bisa segera damai dan nggak ada piala Grammy yang dikencingi lagi deh. (*)

Related Articles
Entertainment
Akhirnya! Taylor Swift Bisa Bebas Rekam Ulang Album Lamanya Setelah Banyak Drama

Entertainment
Bukti Video Perseteruan Taylor Swift dan Kanye West Tersebar!

Entertainment
Perang Dingin Taylor Swift, Kanye West-Kim Kardashian: Like Postingan Fans