Tech

Siap-Siap, Tahun Depan Facebook Rilis Kacamatan Pintar Berteknologi AR

Ahmad Redho Nugraha

Posted on September 18th 2020

Facebook saat ini tengah melakukan eksperimen dengan teknologi augmented reality (AR) demi mengembangkan produk-produk baru berupa aksesoris. Program pembuatan kacamata AR tersebut dikembangkan di bawah nama proyek "Facebook Reality Labs".

Mark Zuckerberg, CEO Facebook mengumumkan dalam sebuah event virtual jika Facebook akan meluncurkan apa yang disebut "langkah berikutnya menuju kacamata AR" tahun depan. Produk tersebut diduga akan berupa sepasang kacamata pintar yang dilengkapi kemampuan AR.

Selain itu, Zuckerberg juga mengatakan jika Facebook akan menggaet produsen kacamata mewah dunia, Luxoticca. Zuckerberg menyebutkan jika kerjasamanya dengan Luxoticca akan dapat mengakomodasi produk terbaru mereka dengan gaya yang sesuai dengan preferensi para pengguna kacamata mewah.

"Kami belum memiliki produk yang bisa kami bagi kepada kalian sekarang, tapi aku akan dengan sangat senang mengatakan jika kami telah membuat kemitraan jangka panjang dalam merancang dan memasarkan kacamata pintar kami yang akan dirilis tahun depan," demikian tukas Zuckerberg. 

Facebook belum memberikan keterangan mendetil terkait produk kacamata pintar buatan mereka. Mereka juga belum memiliki desain rancangan yang bisa ditunjukkan. Namun dari sisi riset, Facebook berencana mengintegrasikan kacamata mereka tersebut dengan software buatan mereka. 

Hal tersebut senada dengan pernyataan Facebook pada 2018 lalu dimana mereka mengumumkan jika mereka tengah merancang kacamata berteknologi AR. Facebook juga menampilkan video yang merupakan penampilan teoritis tentang bagaimana kacamata pintar tersebut dapat bekerja di dunia nyata kelak.

Beberapa fungsi kacamata ini berkaitan dengan penunjukkan jalan, rekomendasi musik untuk didengarkan dan bahkan pemberitahuan tentang di mana penggunanya menghilangkan barang yang penting.

Facebook bukan perusahaan teknologi pertama yang berusaha membuat kacamata pintar berteknologi AR. Sebelumnya sudah terlebih dulu ada Google Glass, yang sempat terkenal skandal privasi terkait kamera built-in yang terpasang pada perangkatnya.

Kepala bagian Facebook Reality Labs, Andreew Bosworth mengatakan jika Facebook akan melakukan pengujian yang ketat sebelum menjual perangkat mereka secara publik untuk menghindari hal serupa.(*)

Related Articles
Tech
WhatsApp Rilis 3 Fitur Baru untuk Update Berikutnya

Tech
Twitter Berlakukan WFH Permanen untuk Karyawannya

Tech
Facebook "Matikan" Aplikasi Uji Coba Mereka, Lasso dan Hobbi