Hobi

Segera Nabung! Ini Harga PlayStation 5 dan Tanggal Rilisnya

Ahmad Redho Nugraha

Posted on September 17th 2020

Waktu yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba juga. Dalam event pameran virtualnya, Sony mengumumkan tanggal rilis beserta harga jual PlayStation 5, konsol game terbaru mereka.

PS5 akan dijual dalam dua versi: konsol yang mendukung game streaming dan kaset Blu-ray, atau konsol yang hanya bisa memainkan game streaming. Kedua versi tersebut masing-masing akan dijual dengan harga USD 500 (Rp 7,15 juta) dan USD 400 (Rp 5,93 juta) secara terbuka mulai 12 November mendatang.

Sementara untuk pre-order, untuk saat ini sudah bisa dilakukan lewat beberapa perusahaan ritel seperti Walmart, Best Buy, GameStop dan Target mulai Rabu (16/9) lalu. Sony tadinya berencana membuka pre-order PS5 pada Kamis (17/9), namun akhirnya memutuskan untuk mempercepatnya.

Perilisan ini secara otomatis memperketat persaingan Sony dengan konsol tetangganya, XBox Series X dan XBox Series S. Kedua konsol terbaru garapan Microsoft tersebut akan dibanderol seharga USD 499 (Rp 7,1 juta) dan USD 299 (Rp 4,43 juta), atau dengan rencana pembayaran kredit sebesar USD 35 (Rp 519 ribu) dan USD 25 (Rp 370 ribu) per bulan.

Berbeda dengan XBox Series S yang tidak memiliki spec sebagus XBox Series X, PS5 discless nantinya akan tetap memiliki chip dan performa yang sama bagus dengan PS5 original, dan hal inilah yang diduga menjadi penyebab selisih harga keduanya tidak terlalu jauh.

Selain harga jual konsolnya, Sony juga mengumumkan harga jual aksesoris PS5. Controller DualSense PS5 akan dijual dengan harga USD 70 (sekitar Rp 1 juta) dan ditambah ekstra USD 30 jika dibeli satu paket dengan headset nirkabel 3D Pulse-nya. Sementara untuk game, kemungkinan akan dijual dalam rentang harga USD 50 - USD 70 per game.

Salah satu game yang akan dirilis untuk PS5 kelak adalah Spider-Man: Miles Morales, yang dijual dengan harga USD 50 untuk edisi standar dan USD 70 untuk edisi ultimate yang sudah termasuk edisi remastered dari game Spider-Man PS4.

PS5 nantinya akan dilengkapi dengan CPU AMD dan GPU yang mampu memproses tampilan grafis dengan standar resolusi 8K atau setara 120 fps. Konsol ini juga diperkaya dengan RAM 16GB dan memori SSD sebesar 825GB.(*)

Related Articles
Hobi
Video Demo 40 Menit Ini Tunjukkan Gameplay Beberapa Game di PlayStation 5

Hobi
GTA 6 Dirilis Tahun 2022

Hobi
Hideo Kojima dan Junji Ito Dikabarkan Garap Game Horor Bareng