Current Issues

Katy Perry Hingga Leonardo DiCaprio Stop Main Instagram, Ini Alasannya

Kezia Kevina Harmoko

Posted on September 17th 2020

(Daniel Pockett/Getty Images)

Beberapa hari ini sering melihat unggahan idola kalian memilih untuk “membekukan” akun mereka selama sehari? Mulai dari Demi Lovato, Katty Perry, sampai aktor Leonardo DiCaprio ikut melakukan hal ini lengkap dengan tagar “stop hate for profit” di caption unggahan mereka. Nah, ada apa sih sebenarnya?

Ternyata, pilihan untuk stop main Instagram (beberapa juga berhenti menggunakan Facebook) selama satu hari yaitu Rabu (16/9) kemarin adalah bagian dari kampanye Stop Hate For Profit.

Unggahan Katy Perry mengikuti gerakan Stop Hate For Profit

Gerakan ini menyuarakan protes terhadap Facebook yang seakan membiarkan ujaran kebencian dan rasisme terus muncul dan tidak berusaha menguranginya. Apalagi buat Amerika Serikat yang lagi berada di masa pemilihan umum, ujaran kebencian diperburuk dengan informasi-informasi yang menyesatkan.

Instagram dipilih karena aplikasi tersebut berada di bawah naungan Facebook secara perusahaan. Jangkauan Instagram juga luas dan banyak selebriti dunia yang menggunakannya.

Unggahan Demi Lovato mendukung gerakan Stop Hate For Profit

Kampanye Stop Hate For Profit dimulai oleh beberapa organisasi pembela hak sipil seperti Anti-Defamation League, National Association for the Advancement of Colored People, Color of Change, dan Free Press.

Diikuti sekitar dua puluh selebriti dunia, jangkauan kampanye ini diperkirakan mencapai 524 juta orang dengan harapan mulai banyak orang yang menaruh perhatian terhadap Facebook dan bisa ada perubahan dari media sosial yang memiliki 2,7 miliar pengguna aktif bulanan tersebut.

Sebelumnya gerakan yang memprotes Facebook sendiri sudah dilakukan oleh beberapa perusahaan di Juli lalu. Dengan inisiator dan tujuan yang sama, perusahaan besar seperti Coca-Cola, Unilever, Honda, The North Face, Starbucks dan banyak lagi. Mereka melakukannya dengan tidak lagi mengiklankan produk mereka di Facebook yang artinya media sosial tersebut kehilangan dana secara drastis.

Nah, mau ikut para selebriti tersebut buat off dari Instagram juga nggak nih? Yang paling penting, tetap bijak bermedia sosial dan jangan menyebarkan informasi yang belum pasti kebenarannya. Eits, jangan lupa juga buat tahu makna di balik gerakan yang disuarakan ya, jangan cuma karena latah doang! (*)

Artikel Terkait
Entertainment
Muak Dengan Penyebaran Hoax dan Rasisme, Selena Gomez DM Petinggi Facebook

Entertainment
Selena Gomez Protes Keras Petinggi Media Sosial, Demi Lawan Kebencian dan Hoax

Current Issues
Facebook Pay Bakal Masuk Indonesia, Ini Kelebihannya