Interest

JK Rowling Lagi-Lagi Viral Karena Transfobia, Ini Reaksi Warganet

Kezia Kevina Harmoko

Posted on September 17th 2020

(The Star)

Tagar #RIPJKROWLING sempat ramai beberapa waktu lalu. Bukan, penulis serial Harry Potter tersebut bukan ramai diperbincangkan karena meninggal dunia, namun warganet menyoroti buku ber-genre kriminalnya yang berjudul Troubled Blood.

Novel yang menjadi buku kelima dalam serial kriminal Cormoran Strike tersebut ditulis dengan nama samaran Robert Galbraith. Namun, bukan nama samarannya yang bikin tagar tersebut ramai melainkan cerita dari buku tersebut melainkan cerita buku tersebut yang dinilai menunjukkan kalau ia adalah transphobic.

Troubled Blood menceritakan tentang seorang detektif swasta yaitu Cormoran Strike yang menyelidiki seorang pembunuh berantai laki-laki. Nah, pembunuh ini dideskripsikan menggunakan pakaian seperti wanita untuk membunuh korban perempuan.

Sontak cerita ini dianggap melukai orang-orang transgender yang dideskripsikan sebagai pembunuh jahat oleh sang penulis. Seketika warganet menyerang JK Rowling karena ceritanya tersebut, menyayangkan sosoknya yang punya pengaruh luas terhadap literasi bisa memiliki pandangan seperti itu.

Di buku Cormoran Strike yang kedua, penulis tersebut juga menggambarkan satu karakter transgender dengan pribadinya yang tidak stabil. Belum lagi ia juga sempat bikin geger karena tweetnya yang bernada transphobic.

Dari situ deh tagar # RIPJKROWLING viral. Lebih dari 100 ribu tweet dengan tagar tersebut menyuarakan akhir karier dari penulis asal Inggris tersebut. Tidak sedikit yang langsung menyatakan “JK Rowling is cancelled” alias tidak akan lagi mendukung penulis tersebut.

Beberapa warganet yang terlanjur suka banget dengan buku karya JK Rowling khususnya Harry Potter juga turut meramaikan tagar tersebut dengan meme yang menganggap serial fantasi tersebut tidak ditulis oleh JK Rowling, melainkan artis idola mereka.

Wah, Taylor Swift nih yang menulis Harry Potter?!

RM BTS ternyata...

Salah satu warganet juga menyatakan ia tidak menyangka kalau sekarang JK Rowling dibenci dan penulis serial Twilight justru didukung. Memang dulu serial buku dengan tokoh vampir tersebut sempat tidak disukai karena ceritanya yang kontroversial. Sekarang, keadaan malah berbalik.

Ada juga yang menganggap kalau penulis satu ini terus membuat kontroversi sebagai trik marketing biar buku atau franchise tokoh bukunya laku. Memang, cerita Troubled Blood viral tepat beberapa hari sebelum buku itu dirilis pada 15 September lalu. Ada juga game bertema Harry Potter terbaru bernama Hogwarts Legacy yang baru mau dirilis. (*)

Related Articles
Entertainment
HBO Akan Rilis Serial TV ‘Harry Potter’, tapi Sikap JK Rowling Bikin Ragu Fans

Interest
JK Rowling Luncurkan Harry Potter at Home Untuk Anak-Anak selama Self-Quarantine

Interest
J. K. Rowling Rilis "The Ickabog", Cerita Monster di Negeri Cornucopia. Gratis!