Current Issues

Direktur CDC: Semua Pakai Masker Selama 12 Minggu, Pandemi Bisa Dikendalikan

Dwiwa

Posted on September 17th 2020

Hari demi hari, pandemi Covid-19 semakin meluas. Menurut data dari Worldometer, jumlah kasus Covid-19 di seluruh dunia telah mencapai lebih dari 30 juta. Sedangkan jumlah kematian hampir berada di angka 1 juta.

Semakin banyaknya jumlah orang yang terinfeksi ini membuat berbagai pihak berwenang semakin menggencarkan penerapan protokol kesehatan di berbagai wilayah. Orang-orang diminta untuk tertib menggunakan masker saat keluar rumah, menjaga jarak, rajin mencuci tangan, hingga menghindari kerumunan.

Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) Robert Redfield bahkan menyebut jika penggunaan masker mungkin menjadi kunci mengendalikan pandemi.

“Masker adalah alat kesehatan masyarakat yang paling penting dan powerful yang kita miliki. Aku bahkan mungkin akan mengatakan jika masker ini lebih menjamin dalam melindungiku dari Covid dibanding ketika aku mendapatkan vaksin Covid,” ujarnya seperti dikutip dari Eat This, Not that!

Dia pun menjelaskan ketika mendapatkan vaksin Covid, imunogenitasnya mungkin hanya sebesar 70 persen. Dan jika dia tidak mendapatkan respon imun dari vaksin, tidak akan ada perlindungan yang didapat. Tetapi masker masih akan melindunginya.

Redfiels juga terus mendorong orang-orang Amerika untuk mengenakan penutup wajah. “Kami memiliki bukti ilmiah yang jelas bahwa mereka (masker) berhasil. Jika kita melakukannya selam 6, 8, 10, 12 minggu, kita bisa mengendalikan pandemi ini,” tambahnya.

Pada awalnya, masker disebut efektif untuk mencegah penularan virus corona saat digunakan oleh orang yang terinfeksi. Tetapi penggunaan penutup wajah ternyata juga bisa melindungi penggunanya dari virus.

Ahli penyakit menular ternama di Amerika Serikat, dokter Anthony Fauci memperkirakan jika menggunakan masker bisa menurunkan risiko tertular virus corona sebanyak 50 hingga 80 persen.

CDC sendiri telah menyarankan agar semua warga Amerika mengenakan masker saat keluar rumah atau berada di sekitar orang-orang yang tidak tinggal satu rumah untuk mengurangi penyebaran virus corona. Namun belum semua bersedia untuk melakukannya.

Tetapi tampaknya keengganan sebagian warga Amerika menggunakan masker ini berkaitan dengan politisasi menjelang pemilihan umum. Satu hal yang sangat disesalkan Fauci karena seharusnya pandemi ini adalah penyakit, virus, masalah kesehatan masyarakat dan bukan masalah politik. (*)

 

Related Articles
Current Issues
Begini Efeknya Kalau Kalian Pakai Maskernya Gak Bener...

Current Issues
Kenapa Sih Masker Scuba atau Buff Dilarang Digunakan Untuk Cegah Covid-19?

Current Issues
Hindari Masker Ini Karena Perlindungannya Tak Cukup Baik