Current Issues

Di Amerika, 4 Tempat Ini Sering Dikunjungi Sebelum Seseorang Tertular Covid-19

Dwiwa

Posted on September 15th 2020

Dengan dibukanya kembali dunia bisnis, para ahli kesehatan di berbagai belahan dunia berusaha untuk mengklasifikasikan tempat mana saja yang paling aman dan mana yang membahayakan untuk dibuka dan dikunjungi selama masa pandemi.

Namun sebuah penelitian yang dilakukan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengidentifikasi beberapa tempat yang berisiko tinggi terjadi penularan Covid-19 ketika dibuka kembali.

Dilansir dari Bestlife, dalam penelitian mereka, para peserta penelitian yang berkunjung ke tempat-tempat tersebut memiliki presentase hasil tes Covid positif lebih tinggi dibanding hasil tes negatif.

Penelitian ini dilakukan pada pasien Covid-19 yang dirawat di 11 fasilitas perawatan kesehatan AS. Hasilnya sebagian besar pasien telah melakukan kontak dengan kasus positif Covid-19 atau telah mengunjungi keempat tempat tersebut.

Dalam temuan mereka, CDC memperlihatkan rasio pasien di fasilitas kesehatan yang menerima hasil tes Covid-19 negatif versus hasil positif. Ada lebih banyak hasil positif pada orang-orang yang mengunjungi lokasi-lokasi tersebut dibanding dengan hasil negatif.

Berdasarkan presentase kasus positif Covid-19 yang dikaitkan dengan tempat-tempat ini, sangat disarankan untuk lebih berhati-hati sebelum mengunjunginya. Keempat tempat yang dimakasud adalah Gereja atau perkumpulan keagamaan, gym, bar atau kedai kopi, dan restoran.

Gereja atau perkumpulan keagamaan dan gym menghasilkan kasus positif sebanyak 7,8 persen dibanding yang negatif hanya 5 persen dan 6,3 persen. Bar atau kedai kopi menghasilkan kasus positif Covid-19 8,5 persen dan kasus negatif 5 persen. Sementara restoran memiliki presentase kasus positif sebanyak 40,9 persen dibanding dengan kasus negatif yang hanya 27,7 persen.

Jadi nih guys, untuk sementara lebih bijak menghindari tempat-tempat ini yah. Jika misalnya terpaksa berkunjung, pastikan selalu mematuhi protokol kesehatan dan tempat-tempat yang kalian kunjungi juga menerapkannya ya. Ingat juga untuk memastikan tempat tersebut memiliki ventilasi yang baik ya. (*)

Related Articles
Current Issues
Kenapa Sih Masker Scuba atau Buff Dilarang Digunakan Untuk Cegah Covid-19?

Current Issues
Direktur CDC: Semua Pakai Masker Selama 12 Minggu, Pandemi Bisa Dikendalikan

Current Issues
Jaga Jarak 1,8 Meter Mungkin Tak Cukup untuk Melindungimu dari Covid-19