Current Issues

Senior Marahi Maba Saat Ospek Online, “Ikat Pinggang Diperlihatkan” Jadi Viral

Dwiwa

Posted on September 15th 2020

Media sosial tengah dihebohkan dengan sebuah video ospek online Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) sejak Senin (14/9). Dalam cuplikan video ospek online itu, terlihat jika mahasiswa senior Unesa tengah memarahi seorang mahasiswa baru (maba). 

Alasan sang senior marah-marah sebenarnya sepele, hanya gara-gara ikat pinggang. Sang maba yang tengah diinspeksi kelengkapan atribut ospek oleh komisi disiplin (komdis) itu awalnya hanya ditanyai masalah ikat pinggang.

“Ikat pinggang diperlihatkan,” ujar salah satu panitia ospek yang kemudian ditimpali oleh panitia ospek lainnya. Dengan polosnya, maba tersebut kemudian menjawab tidak ada karena memang dirinya saat itu tidak memakai ikat pinggang.

Jawaban sang maba tampaknya tidak memuaskan panitia. Alhasil, maba perempuan itu pun dimarahi oleh para senior yang tengah menginspeksinya. “Nggak dibaca tata tertibnya?”

Cuplikan video ini pun langsung mendapat beragam respon dari warganet. Ada yang mengomentari ini sebagai bentuk senioritas yang masih bercokol di dalam universitas. Tetapi tidak sedikit pula yang kemudian menjadikannya sebagai bahan guyonan yang dapat mengocok perut.

Beberapa warganet secara kreatif membuat meme meme kocak yang memperlihatkan ikat pinggang tidak biasa. Mulai dari ikat pinggang ala superhero, ikat pinggang dari tali rafia, hingga ikat pinggang tokoh superhero di animasi SpongeBob SquarePants.

Beberapa warganet yang lebih kreatif bahkan menyamakan salah satu senior laki-laki dalam video tersebut dengan sosok yang pernah viral pada 2012 silam, Arya Wiguna. Sementara senior perempuan yang memiliki tahi lalat di pipi disamakan dengan sang legenda pemeran film horor Suzanna.

Unesa sendiri membenarkan jika video yang tengah viral ini berasal dari salah satu fakultas di kampus mereka. Dalam keterangan tertulis, Rektor Unesa Nurhasan menyayangkan adanya kejadian ini dan mengakui adanya kesalahan dalam koordinasi PKKMB di fakultas tersebut.

Hal ini pun akan dijadikan catatan evaluasi penting oleh pihak pihak kampus yang diharapkan menjadi masukan untuk perbaikan dalam pengelolaan kegiatan kemahasiswaan ke depannya. (*)

 

Related Articles
Current Issues
Viral Challenge Minum 5 Liter Boba, ini Tanggapan Dokter

Current Issues
Viral Keraton Agung Sejagat! Kenapa Kok Ada yang Percaya? Ini Penjelasan Ahli

Current Issues
Asal-usul Dalgona Coffee yang Berawal dari Jajanan Masa Kecil Korea