Lifestyle

Toko di Jepang Ini Khusus Menjual Masker. Bukti Jika Masker Sudah Jadi Lifestyle

Ahmad Redho Nugraha

Posted on September 14th 2020

Penggunaan masker saat ini menjadi bagian yang esensial dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Meski demikian, penggunaan masker sekali-pakai belakangan menuai kritik karena dampak tidak bersahabatnya terhadap lingkungan.

Banyak pakar pun menyarankan masyarakat untuk beralih ke masker kain yang bisa dicuci, dan penjualan masker jenis ini pun mengalami peningkatan.Di Jepang, pasar tersebut berujung dengan munculnya toko yang khusus menjual masker kain. Nama toko tersebut adalah Mask.com.

Mask.com dibuka pekan ini di Tokyo, Jepang, dan menjual lebih dari 200 macam masker kain dengan rentang harga antara 500 yen (sekitar Rp 70.000) hingga edisi premium dengan harga 100.000 yen (sekitar Rp14,1 juta).

Mereka juga melengkapi diri dengan staf yang mumpuni. Staf tersebut akan membantu calon pembeli mengenali jenis masker yang cocok untuk bentuk wajahnya. Masker yang dijual sangat bervariasi. Ada yang dilengkapi dengan pelembab wajah, pelindung dari sinar uv, hingga masker yang dihiasi dengan swarowski. Bling-bling deh. 

Demi mendukung transaksi non-fisik selama masa pandemi, Mask.com juga membuka toko online. Tapi alamatnya bukan Mask.com tapi store.cox-online.jp

Toko yang hanya menjual satu jenis barang memang bukan hal yang baru di Jepang. Setelah lepas dari kondisi PSBB, masyarakat Jepang kini melanjutkan aktivitas sehari-hari mereka dalam kondisi penormalan baru, dan masker menjadi kebutuhan wajib bagi seluruh masyarakatnya.

Toko masker ini pun ramai didatangi pembeli, bahkan sampai terbentuk antrean panjang di depan tokonya.

Sebelumnya pada masa awal pandemi di Jepang, penipisan stok masker sekali pakai juga sempat terjadi. Dan sama seperti di Indonesia, ada banyak masyarakat Jepang yang sengaja memanfaatkan situasi tersebut untuk menimbun masker sekali pakai dan menjualnya dengan harga selangit.

Masker sekali pakai selama ini menjadi salah satu perlengkapan wajib tenaga medis dalam menangani pasien Covid-19. Produsen masker Jepang berusaha menggenjot produksi masker sekali pakai untuk memenuhi kebutuhan publik, terutama para tenaga medis rumah sakit. 

Penggunaan masker kain bukan hanya dapat mencegah kerusakan lingkungan, tetapi juga mengurangi ketergantungan publik terhadap industri masker sekali pakai. (*)

 

Related Articles
Lifestyle
Cara Ampuh Agar Masker Makin Aman Mencegah Virus, Coba Kuy!

Lifestyle
3 Masalah Umum Pakai Masker, Begini Cara Mengatasinya

Lifestyle
Cara Membersihkan Masker dan Menjaga Kulit Wajah Tetap Aman