Sport

Alex Marquez Mengakui Hanya Kakaknya yang Mampu Kendalikan Honda

Tora Nodisa

Posted on September 13th 2020

(Foto: MotoGP)

Krisis yang melanda Repsol Honda tampaknya berlangsung lebih lama. Absennya Marc Marquez karena cedera bisa menghancurkan reputasi Honda musim ini. Apalagi Alex, adik Marc Marquez, mengakui kesulitan mengendalikan motornya. Alex tidak mampu mengeluarkan kemampuan 100 persen dari motor tersebut.

"Hanya Marc yang bisa mengendalikan motor Honda secara maksimal. Dia berhasil mencapai batas dan mendapatkan performa 100 persen motor itu. Saya kesulitan. Saya tidak bisa mengerem dan aspal tidak membantu saya," kata Alex, sebelum balapan di Sirkuit Misano, Minggu (13/9).

Salah satu pabrikan bergengsi di arena balap MotoGP tergusur di posisi keempat saat sesi latihan bebas. Bahkan di balapan resmi, pengguna motor Honda hanya satu yang berhasil finis di urutan 10 besar. Dia adalah Takaaki Nakagami dari LCR Honda Idemitsu yang finis di posisi ketujuh. Sementara Alex Marquez dan Stefan Bradl, pembalap pengganti Marc, tercecer di posisi 17 dan 18, dari 19 pembalap yang berhasil finis di Misano.

"Semua pembalap Honda sedang berjuang di Misano. Bukan balapan, tapi berjuang mengendalikan motornya sendiri-sendiri. Tidak ada gunanya menutupi kenyataan ini. Saya sendiri tidak bisa efektif saat mengerem," kata Alex, seperti dilansir GPOne.

Lebih jauh, Alex menjelaskan bahwa ciri khas motor Honda adalah pengendarnya harus agresif saat melakukan pengereman. Faktanya, hanya Marc yang tahu cara memaksimalkan potensi motornya hingga mencapai batas, serta memanfaatkan tenaganya untuk melakukan pengereman.

Belum lagi soal aspal. Alex mengeluh soal kondisi sirkuit Misano. Menurutnya, ada bagian sirkuit yang aspalnya sudah mulai licin. Itu karena karakteristik Misano yang punya lintasan lurus panjang, dan belokan tajam di tikungan 9, 10, dan 11.

"Kami tidak bisa mengerem seperti Marc. Dia berani menghentikan motor secara tiba-tiba setelah memacu dengan kekuatan penuh di lintasan lurus. Ketika kami beradaptasi dengan keadaan, maka akan berpengaruh pada pengereman," jelas adik Marc yang bergabung dengan Honda musim ini.

Jadi kesimpulannya, tanpa Marc Marquez, mungkin tidak akan ada pembalap dengan motor Honda yang akan naik podium di balapan dalam waktu dekat ini. Marc sendiri dikabarkan baru bisa kembali ke lintasan pada bulan November nanti. (*)

Related Articles
Sport
Honda Resmi Rekrut Alex Marquez

Sport
Marquez Brothers dan Vinales Bantu Penanganan Pasien Coronavirus di Spanyol

Sport
Marc Marquez Absen 3 Bulan, Honda Menyerah dari Persaingan Juara Dunia