Sport

Franco Morbidelli Rebut Kemenangan Pertamanya di MotoGP

Tora Nodisa

Posted on September 13th 2020

(Foto: MotoGP)

Pembalap Petronas Yamaha SRT Franco Morbildelli tampil mendominasi di MotoGP Italia di Sirkuit Misano, Minggu (13/9). Pembalap kelahiran Roma tersebut berhasil mendapatkan juara pertama untuk kali pertama di sepanjang kariernya di MotoGP. Peningkatan performa Morbidelli sangat baik, sebab dirinya sempat menempati posisi kedua di MotoGP Ceko, 9 Agustus lalu.

Morbidelli melahap 27 lap di Sirkuit Misano dengan catatan waktu tercepat, 42:02:272. Kemudian menyusul di belakangnya, dengan gap lebih dari dua detik yaitu Francesco Bagnaia dari Pramac Racing. Lalu di podium ketiga ada Joan Mir dari Team Suzuki Ecstar.

Morbidelli memulai start dengan baik. Dia melaju tanpa hambatan hingga tujuh lap awal. Meski di belakangnya, Valentino Rossi siap mengancam posisinya. Di posisi ketiga dan keempat, Bagnaia dan Mir terlibat saling susul.

Nasib berbeda dialami rekan satu tim Morbidelli, sekaligus pemimpin klasemen sementara MotoGP 2020, Fabio Quartararo. Dia terjatuh di tikungan dan tidak bisa menyelesaikan lomba. Posisinya di klasemen pun terancam oleh Andrea Dovizioso dari Ducati Team.

Kurang dari 10 lap, drama di grid depan terjadi. Bagnaia menyalip Rossi untuk merebut posisi kedua. Sementara, Rossi harus berjuang dan menjauh dari kejaran Joan Mir. Sayangnya Rossi gagal mempertahankan posisi ketiga di lap terakhir. Mir memanfaatkan sudut lebar yang ditinggalkan Rossi untuk masuk dari sisi kanan.

Franco Morbidelli membuat debut di MotoGP pada musim 2018 bersama Marc VDS Team. Dia berhasil mendapatkan penghargaan Rookie of the Year. Kemudian pada 2019, Morbidelli dikontrak oleh Petronas Yamaha SRT. Penampilan pembalap kelahiran 4 Desember 1994 tersebut semakin bagus di musim 2020. Hingga akhirnya bisa memenangi satu balapan MotoGP, yang menjadi catatan pertama sepanjang kariernya. (*)

 

Related Articles
Sport
Quartararo Pimpin Klasemen MotoGP 2020 Setelah Finis Pertama di Catalunya

Sport
Maverick Vinales Menang, Persaingan Puncak Klasemen Memanas

Sport
Quartararo Juara MotoGP Pertama di Era Normal Baru