Tech

SpaceX akan Uji Terbangkan SN8, Purwarupa Pesawat Luar Angakasa Masa Depan

Ahmad Redho Nugraha

Posted on September 13th 2020

Setelah misi penerbangan mereka bersama NASA ke ISS sukses pada bulan lalu. SpaceX kini lanjut mengembangkan Starship, model terbaru  pesawat luar angkasa di fasilitas pengembangan Boca Chica, Texas.

Pesawat ini memiliki panjang 150 meter dan tersedia dalam beberapa seri. Seri SN5 dan SN6 telah melalui uji penerbangan, sementara SN8 saat ini masih dalam tahap pengerjaan.

Elon Musk mengklaim jika SN8 akan dapat dituntaskan dalam satu pekan mendatang, dan memiliki ujung berbentuk moncong serta dilengkapi kepak tambahan di sisinya. Desain SN8 yang sedemikian rupa diduga berkaitan dengan target uji coba penerbangan yang akan dilakukan untuk ketinggian lebih jauh.

Uji coba penerbangan kedua purwarupa Starship, SN5 dan SN6 sebelumnya dikatakan SpaceX sebagai ujicoba "short-hop". Kedua model pesawat itu dirancang dengan ukuran full dan beban muat yang dipasang pada bagian ujung moncongnya. Pada desain utama Starship di masa mendatang, bagian tersebut akan berfungsi melindungi kargo yang ada di bagian dalam pesawat.

Berbeda dengan SN5 dan SN6, SN8 nantinya akan dilengkapi sepasang kepak tambahan di kedua sisi moncongnya untuk mengatur arah terbangnya. NS8 juga akan diikutsertakan dalam ujicoba penerbangan dengan ketinggian 60.000 kaki (sekitar 18,3 km) dan didaratkan secara terkontrol.

Musk selama ini dikenal cenderung "terlalu optimis" dalam uji coba yang dia lakukan di segala lini teknologi yang dikembangkan perusahaannya. Di sisi lain, pengembangan roket adalah hal yang sangat sulit dilakukan, dan target uji coba penerbangan dengan ketinggian serupa kemungkinan akan berakhir dengan kurang sukses. 

Meski demikian, learning by error adalah metode pembelajaran yang paling dasar dalam teknologi antariksa. SpaceX berfokus pada program uji coba berulang-ulang dalam waktu singkat, agar mereka dapat belajar membangun sistem yang kuat dalam waktu singkat dari seluruh kegagalan yang mereka peroleh lewat ujicoba. (*)

 

Related Articles
Tech
SpaceX dan NASA Akhirnya Berhasil Luncurkan Crew Dragon ke Luar Angkasa

Tech
Momen Bersejarah Dekade Ini, NASA dan SpaceX Kirim Dua Astronot ke Luar Angkasa

Tech
Crew Dragon Sukses Daratkan Kembali Bob dan Doug di Bumi