Tech

WhatsApp Rilis 3 Fitur Baru untuk Update Berikutnya

Ahmad Redho Nugraha

Posted on September 13th 2020

WhatsApp, aplikasi berkirim pesan milik Facebook tak lama lagi akan merilis beberapa fitur baru untuk beta update mereka. Fitur-fitur tersebut antara lain adalah 'WhatsApp Doodles', tombol panggilan baru dan fitur 'Catalogue'.

Fitur Catalogue dan tombol panggilan baru akan beroperasi secara seperangkat. Tombol panggilan baru ini diperuntukkan bagi pengguna akun WhatsApp Business, dan hanya bisa dipergunakan jika akun tersebut sudah memiliki catalogue-nya sendiri. Pengguna akun akan dapat meminggirkan video call dan audio call dengan tombol shortcut.

Fitur ini nantinya juga akan dirilis untuk chat pada akun WhatsApp biasa di kemudian hari.

Sementara itu, WhatsApp Doodles untuk saat ini telah lebih dulu ada untuk WhatsApp versi PC. WhatsApp Doodles akan memberikan tampilan baru bagi latar belakang layar chatroom WhatsApp. Pada update berikutnya, fitur ini hanya baru bisa diakses pada pengguna ponsel berbasis Android.

Hal ini tampaknya berhubungan dengan kejadian pembajakan WhatsApp yang terjadi beberapa waktu lalu. WABetaInfo mengatakan jika ada beberapa hacker yang melakukan text bomb WhatsApp yang membuat ponsel penerima pesan tersebut mengalami freeze, sehingga tidak dapat dipergunakan. 

Juru bicara WhatsApp mengatakan jika timnya mengetahui hal tersebut dan berusaha memberikan penanggulangan lewat update terbaru. "WhatsApp sudah merilis dan mulai melakukan perbaikan akan isu ini pada update yang terbaru untuk iOS," demikian tulis mereka via email.

Mereka juga menyarankan para pengguna WhatsApp untuk selalu meng-update aplikasi mereka segera setelah tersedia update terbaru, demi menghinadri bug ataupun kejadian serupa di masa mendatang.

Related Articles
Tech
Siap-Siap, Tahun Depan Facebook Rilis Kacamatan Pintar Berteknologi AR

Tech
Instagram Uji Coba Fitur Self Fundraising di Beberapa Negara

Tech
Keren! Facebook Bangun Jaringan Kabel Internet Bawah Laut 37 Ribu KM di Afrika