Lifestyle

Penelitian: Punya Hewan Peliharaan di Rumah Bisa Atasi Stres Selama Pandemi

Kezia Kevina Harmoko

Posted on September 12th 2020

Di masa pandemi seperti sekarang, penting banget deh buat menjaga kesehatan tubuh dan juga mental kita. Nah, alah satu cara yang dipercaya bisa membantu adalah memelihara binatang.

Hewan berbentuk lucu atau tingkahnya yang bikin kita heran pasti deh bikin hari-hari kita jadi berwarna hingga menimbulkan perasaan bahagia. Nah, perasaan positif ini bisa jadi manfaat yang besar lho dalam masa pandemi. Kira-kira apa aja? Yuk, simak!

Memperpanjang umur

Dilansir dari Pyschology Today, punya hewan peliharaan sering kali berhubungan dengan keadaan kesehatan mental yang baik. Dalam sebuah survei yang diikuti 2000 pemilik hewan peliharaan, 74 persen di antaranya mengalami peningkatan dalam kesehatan mental mereka lho!

Riset lainnya juga menunjukkan kalau binatang peliharaan mampu memperpanjang usia. Dalam sebuah data yang dihimpun pada 2019, kepemilikan anjing sebagai hewan peliharaan mampu memperlama usia hidup sebanyak 24 persen dalam jangka waktu sepuluh tahun. Keren kan?

Menurunkan risiko terkena penyakit alergi

Nah, apa dampak memelihara hewan ke kesehatan tubuh kita secara fisik? Dalam sebuah penelitian, ternyata memelihara hewan khususnya anjing dapat mencegah kita mengalami penyakit alergi eczema, kondisi alergi kulit.

Meningkatkan antibodi imun

Lagi-lagi hewan anjing mampu memberikan manfaat bagi tubuh kita. Dalam sebuah penelitian, setelah memelihara anjing, terjadi peningkatan terhadap antibodi imun bernama IgA yang punya peran penting dalam pertahanan imun tubuh kita.

Menurunkan stres sehingga imun lebih kuat

Hubungan erat hewan peliharaan dengan imun tubuh kita adalah melalui respons stres. Gangguan psikologis yang kronis bisa mengganggu fungsi imun, melemahkan kemampuan melawan infeksi dan meningkatkan potensi inflamasi.

Hewan peliharaan mampu mengurangi efek negatif tersebut dengan menurunkan stres melalui adanya interaksi sosial yang terbentuk. Bahkan, sebuah riset menunjukkan adanya hubungan antara anjing terapi dapat menurunkan hormon stres yaitu kortisol.

Nah, binatang peliharaan memang mampu nih memberi dampak positif melalui hubungan sosial yang terbentuk sehingga mempengaruhi kesehatan mental dan imun tubuh. Tapi ingat, beberapa binatang peliharaan bukannya mudah untuk diurus lho. Kalau penanganannya kurang tepat, bahaya infeksi atau penyakit menular justru bisa mengancam kita sebagai pemilik.

Pastikan sudah siap banget kalau pengin memelihara binatang. Jangan sampai hanya latah lalu nggak lama kemudian tidak bertanggung jawab. Jangan lupa, selalu jaga kebersihan hewan dan diri sendiri dengan detail apalagi di masa pandemi seperti sekarang.(*)

Related Articles
Lifestyle
Spotify Pet, Bikin Playlist Musik Spesial buat Hewan Peliharaanmu

Lifestyle
4 Langkah Mengenalkan Anjing ke Kucing yang di Rumah Biar Gak Bertengkar

Entertainment
Pusing sama Politik, Finneas ‘Memecat’ Presiden di Lagu ‘Where The Poison Is’