Entertainment

NIKI Rilis Album MOONCHILD, Rangkaian Perjalanan Hidup Di Balik Nuansa Fantasi

Kezia Kevina Harmoko

Posted on September 10th 2020

(88Rising)

We stan a queen! NIKI penyanyi berbakat satu ini baru saja merilis album terbarunya yang bertajuk MOONCHILD. Desas-desus album ini tercium sejak Maret lalu di mana penyanyi kelahiran 21 tahun lalu ini menghapus semua unggahan Instagramnya dan menyisakan post bertuliskan “Moonchild”.

Ternyata, ide album satu ini sudah ada sejak dua tahun lalu. Dilansir melalui tweetnya, NIKI berkata kalau saat itu ia bicara dengan manajernya, Sean, mengenai sosok moonchild yang tiba-tiba aja terlintas di benaknya. Ide random ini membawa mereka ke percakapan panjang dengan bayangan-bayangan NIKI tentang bagaimana album ini akan dihasilkan.

Gimana kalau ada karakter yang Namanya Moonchild—”

Gimana kalau dia berpetualang di sebuah dunia fiksi terus menemukan dirinya sendiri di akhir—”

Gimana kalau…”

(Twitter @nikizefanya)

Semua “gimana kalau” itu akhirnya menjadi album musik yang disebut NIKI mendeskripsikan perjalanan dirinya menemukan jati diri dan perjuangannya menjadi musisi secara metafora.

Butuh waktu sekitar dua tahun untuk pelantun Lose ini menyelesaikan MOONCHILD. Hampir ingin menyerah, ditekan dengan ekspektasi orang lain terhadap dirinya, penyanyi asal Indonesia ini akhirnya berhasil menghasilkan sebuah masterpiece musiknya.

(Twitter @nikizefanya)

“Aku berutang pada diriku sendiri untuk berekspresi secara bebas tanpa halangan. Kotak-kotak, genre, pelabelan, semua itu tidak akan mendukung kebebasan berekspresi. Aku sangat bersyukur ini adalah project di mana aku bisa belajar tentang hal itu,” jelas NIKI.

Memang, album berisi sepuluh lagu ini punya musik yang unik banget dan setiap lagunya punya gaya khas sendiri. Pelantun Lowkey ini juga berkata, “Setiap lirik, melodi, chords, menyajikan sebuah tujuan. Setiap lagu punya cerita masing-masing […]”

(Twitter @nikizefanya)

NIKI merekomendasikan untuk mendengar album ini dari awal hingga akhir, urut seperti membaca sebuah buku. Beberapa lagu ternyata punya bagian akhir yang bersambung dengan awal lagu selanjutnya. Bisa nggak sadar deh kalau sebenarnya sudah ganti lagu, misalnya di lagu Wide Open dengan Switchblade, Selene dengan Tide, dan Plot Twist dengan If There’s Nothing Left.

Wide Open (Foreword), lagu pembuka petualangan tokoh fiksi Moonchild ini menunjukkan sosok alpha female dari seorang NIKI. Beda banget sama lagu terakhirnya, Drive On yang lebih menunjukkan sisi lembut. Vokalnya beda banget deh, bikin kagum!

 

Baru beberapa jam dirilis, tagar #NIKIMOONCHILD menjadi trending di Twitter dengan lebih dari 30 ribu tweet hingga menempati urutan kedua tren worldwide lho. Nah, sudah streaming belum nih? (*)

Artikel Terkait
Entertainment
NIKI Rilis Video Musik 'Plot Twist', Ini Cuplikan Visualnya yang Keren Banget!

Entertainment
Punya Hubungan Tak Jelas? Suara Hatimu Terwakili “Lose” yang Baru Dirilis NIKI

Entertainment
Estetik! NIKI Bakal Rilis Album Moonchild, Ini Deretan Visual Sneak Peeknya