Tech

Instagram Bakal Ganti Tombol Navigasi Untuk Dorong Fitur Reels dan Shopping

Kezia Kevina Harmoko

Posted on September 10th 2020

(Twitter @mosseri)

Setelah merilis fitur Shoppping untuk dorong bisnis berkembang dan Reels yang mirip dengan TikTok, Instagram akan dorong penggunaan dua fitur tersebut dengan rencana besar. Pasti sudah nggak asing lagi dong dengan tombol navigasi Instagram yang ada di bagian bawah layar?

Navigation bar versi sekarang

Kalau biasanya kita akrab dengan tombol home, search, post, activity, dan profil, aplikasi media sosial satu ini berencana akan mengganti beberapa di antaranya menjadi tombol untuk Reels dan Shopping. Dikasih tempat khusus gitu deh! Rencana ini dikemukakan oleh CEO Instagram, Adam Mosseri, melalui akun Twitter-nya.

(Twitter @mosseri)

Ada tiga pilihan layout bar navigasi untuk menampung Reels dan Shopping. Yang pertama adalah tombol home, Reels, post, Shopping, lalu profil. Yang kedua adalah mengorbankan tombol post, menjadi home, search, Reels, Shopping, dan profil. Yang ketiga adalah home, search, Reels, Shopping, activity, dan profil, yang artinya hanya mengorbankan tombol post tapi menambah jumlah tombol.

Instagram memang terlihat sedang mempromosikan Reels, fitur membuat video singkat dengan iringan musik lengkap dengan beberapa fitur. Fitur baru ini sepertinya sengaja dibuat Instagram untuk bersaing dengan TikTok, aplikasi buatan Tiongkok yang nasibnya sedang tidak pasti di Amerika Serikat dan diblokir di India.

Untuk fitur Shopping, perusahaan media sosial raksasa ini berharap dapat mendorong bisnis dengan memfasilitasi pembelian melalui profil Instagram dan dapat langsung melakukan pembelian di aplikasi yang sama. Biar makin simpel gitu deh, nggak perlu pindah ke aplikasi lain.

Walaupun fitur tersebut sudah ada sejak 2018, Instagram makin mendorong penggunanya untuk membangun usaha dengan mempermudah syarat berjualan. Sejak Juli, pengguna dengan akun bisnis atau kreator juga bisa menawarkan produk mereka. Sayang banget nih fitur Shopping di Indonesia masih terbatas.

Dilansir dari Bussiness Insider, susunan baru tombol navigasi ini masih akan diuji coba oleh Instagram beberapa minggu ke depan dengan beberapa sampel. Nah, kamu lebih suka susunan navigasi yang sekarang atau yang akan datang nih? (*)

Related Articles
Tech
Instagram Putuskan Fokus ke Konten Video, Bukan Lagi Media Sharing Foto

Tech
Instagram Rilis Reels di Beberapa Negara, Seberapa Mirip Dengan TikTok?

Tech
Instagram Akui Reels Masih Kalah dengan TikTok, Belum Bisa Bikin Tren Booming