Tech

Meski Diblokir di AS dan India, TikTok Terbanyak Diunduh di Dunia Selama Agustus

Kezia Kevina Harmoko

Posted on September 10th 2020


(Reuters/Florence Lo)

Aplikasi di smartphone memang sudah nggak bisa dilepaskan lagi dari keseharian kita. Semakin banyak keperluan, deretan aplikasi juga muncul untuk menjadi solusinya. Gak heran, beberapa aplikasi meraih jumlah unduhan yang meningkat tajam di masa pandemi seperti sekarang.

Dilansir dari laporan yang dibuat oleh Sensor Tower, ada belasan aplikasi yang menduduki peringkat teratas paling banyak diunduh dalam bulan Agustus lalu. Bisa menebak apa aplikasinya? Pasti dong, TikTok.

Mau di App Store atau di Play Store, aplikasi buatan Tiongkok ini menjadi raja dari semua aplikasi lainnya. Sudah diinstall lebih dari 63,3 juta kali, angka ini naik sebanyak 1,6 persen dari bulan sebelumnya. Menariknya lagi, negara yang paling banyak menyumbang angka unduhan aplikasi tersebut adalah… Indonesia!

Negara kita menyumbang 11 persen dari total unduhan. Disusul oleh Brasil sebanyak 9 persen.

Memang ya, TikTok jadi tren banget di negara kita, aplikasi hiburan yang oke banget deh! Walaupun sudah diblokir dari pasar kuat mereka yaitu di India dan terancam diusir dari Amerika Serikat, TikTok tetap punya daya tarik terhadap pengguna baru. Jangan remehkan kekuatan aplikasi satu ini deh.

Walaupun tetap populer, TikTok sepertinya punya saingan baru untuk pengguna Android. Di posisi aplikasi yang paling banyak diunduh melalui Play Store, aplikasi Snack Video bertengger tepat di urutan kedua. Aplikasi yang terhitung baru tersebut punya fitur yang mirip dengan TikTok dan ternyata bisa merebut banyak pengguna baru lho!

Di luar itu, aplikasi konferensi video seperti Zoom dan Google Meet meraih posisi yang cukup tinggi. Zoom menempati posisi kedua untuk total unduhan semua platform, sedangkan Google Meet menempati posisi keenam.

Pengguna iOS jelas menggunakan Zoom lebih sering, membuat aplikasi tersebut berhasil menempati posisi kedua di total unduhan melalui App Store. Untuk unduhan melalui Play Store, aplikasi Zoom harus puas di urutan kelima, dikalahkan oleh Google Meet yang berada di urutan keempat.(*)

(Sensor Tower)

Related Articles
Tech
Konten Dianggap Tidak Bermoral dan Tidak Senonoh, TikTok Diblokir di Pakistan

Tech
Pesaing Zoom, Facebook Messenger Rooms Telah Hadir di AS dan Kanada

Tech
Cegah “Zoombombing”, Google Meet Pasang Fitur Keamanan Kelas Online