Current Issues

Rekaman Pria Bunuh Diri Viral di TikTok, Ini Cara Cegah Konten Sensitif Muncul

Kezia Kevina Harmoko

Posted on September 8th 2020

(Sopa Images/Lightrocket via Getty Images)

TikTok baru saja geger dengan adanya sebuah video yang menampilkan usaha bunuh diri seorang pria dengan sebuah pistol. Video yang mulai muncul Minggu (7/9) ini langsung dihapus oleh aplikasi video singkat tersebut dan akun yang membagikannya ulang akan diblokir.

Dilansir dari The Verge, video tersebut pertama kali disiarkan di Facebook dan muncul juga di beberapa aplikasi lain. Beberapa kreator TikTok yang kedapatan melihat video tersebut langsung membuat video peringatan agar penonton mereka bisa langsung menghindari konten sensitif tersebut, yang menampilkan seorang pria berjanggut yang duduk di depan meja.

Juru bicara TikTok mengonfirmasi adanya video rekaman bunuh diri tersebut beredar pada Minggu malam. “Sistem kami langsung mendeteksi dan menandai video tersebut karena menyalahi peraturan kami yaitu melarang konten yang menampilkan, mendukung, atau mempromosikan tindakan bunuh diri,” jelasnya.

“Kami memblokir akun yang berulang kali mencoba membagikan klip tersebut dan kami mengapresiasi pengguna TikTok yang melaporkan konten itu dan memperingatkan pengguna lain untuk menghindarinya.”

Video semacam ini memang sangat mudah viral di TikTok dengan halaman for you page yang otomatis menampilkan dan memutar video tanpa bisa kita lihat dulu footage, thumbnail, atau konten yang diangkat video tersebut. Bisa aja ketika kita swipe-swipe video di sana, tiba-tiba video yang mengandung konten sensitif muncul tanpa peringatan.

Cara mencegah konten sensitif muncul di TikTok

Satu-satunya cara untuk mencegah konten semacam itu muncul di TikTok kita adalah jangan mencari atau menonton konten yang sejenis atau punya kemiripan dengan video tersebut. Sistem for you page akan selalu menampilkan konten sesuai dengan aktivitas kita, jadi setelah kita menonton video, kemungkinan video serupa akan muncul di halaman tersebut.

Hindari juga mengikuti akun yang tidak kita kenal atau kontennya tidak sesuai dengan apa yang ingin kita tonton. Kalau misalnya konten sensitif tiba-tiba muncul, langsung laporkan video tersebut dengan cara klik tombol report dan pilih alasan yang sesuai.

Jangan ragu untuk melaporkan challenge yang ramai dilakukan namun berbahaya, seperti yang baru-baru ini memakan korban yaitu Benadryl challenge. Tantangan mengonsumsi obat untuk alergi hingga berhalusinasi ini viral karena membuat seorang remaja usia 15 tahun meninggal karena overdosis. Duh, seram banget kan? Yuk, jaga diri dan jaga media sosial agar tetap jadi tempat yang aman. (*)

 

Related Articles
Lifestyle
5 Akun TikTok Pemengaruh Kesehatan Mental yang Wajib Kamu Follow!

Entertainment
Taylor Swift Ikutan Tren TikTok ‘Mama Said’, Puji Shania Twain dan Dolly Parton

Interest
Inna Kanevsky, Profesor yang Suka Debunk “Fakta-Fakta Psikologi’ di TikTok!