Tech

Bahan Cetak 3D Ini Bakal Selesaikan Masalah Ukuran Baju yang Tidak Pas

Dwiwa

Posted on September 7th 2020

Bagi sebagian orang, membeli baju dengan ukuran yang pas adalah hal sulit, entah itu karena kebesaran atau justru kekecilan. Bahkan untuk ukuran yang sama, merk satu dengan yang lain memiliki kesesuaian yang berbeda. Tetapi, hal ini mungkin bukan lagi menjadi masalah di masa depan.

Dilansir dari Ubergizmo para peneliti dari John A. Paulson School of Engineering and Applied Sciences (SEAS) di Harvard telah menciptakan bahan cetak 3D yang terbuat dari keratin (protein yang sama yang ditemukan pada rambut) yang menghasilkan material seperti wool yang dapat mengingat bentuk dan dapat berubah bentuk ketika ada stimulus yang diterapkan.

Menurut para peneliti, mereka percaya jika teknologi ini dapat membantu industri fashion dengan mengurangi limbah. Sebab, dengan membuat pakaian menggunakan bahan yang dapat berubah dan menyesuaikan dengan penggunanya ini pada dasarnya menciptakan pakaian satu ukuran untuk semua orang dalam arti sebenarnya.

Ini juga berarti bahwa lebih sedikit ukuran baju yang harus dibuat. Dengan begitu, bahan yang digunakan juga akan lebih sedikit.

Mereka juga percaya jika ini dapat membantu penggunanya lebih jarang mengganti pakaian karena secara teori pakaian tersebut akan selalu pas di badan. Dengan begitu, pakaian tidak akan menjadi longgar, sebuah alasan mengapa pakaian perlu diganti. Jika penasaran seperti apa, berikut video lengkap bagaimana bahan ini bisa menyesuaikan ketika diberikan stimulus. (*)

 

Artikel Terkait
Tech
Amazon Buka Toko Fashion Pertama Berteknologi Tinggi di AS

Tech
Singapura Manfaatkan Robot Patroli untuk Cegah Perilaku Sosial yang Buruk

Tech
Meta Siapkan Superkomputer AI, Diklaim Jadi yang Tercepat di Dunia