Opinion

Keliling Dunia Pakai Mobil Sedan, Ini Makna MV ‘DOA’ Rich Brian

Kezia Kevina Harmoko

Posted on September 7th 2020

(YouTube 88Rising)

Setelah merilis album terbarunya yang bertajuk 1999 di bulan Agustus lalu, kini Rich Brian melengkapi salah satu lagu di album tersebut dengan video musik. MV Lagu yang berjudul DOA tersebut punya konsep yang bikin kita nggak habis pikir dengan ide-ide timnya yang selalu tidak biasa.

Kalau umumnya rapper memamerkan deretan mobil sport mahal dalam video mereka, Brian justru menggunakan mobil Honda Civic putih untuk menemaninya berkendara. Uniknya lagi, bukan barang-barang mewah yang menemani rapper asal Indonesia satu ini, melainkan perabotan rumah seperti telepon berkabel, pot bunga, hingga microphone emas yang mencolok mata.

(YouTube 88Rising)

Musisi yang baru berulang tahun ke-21 pada 3 September lalu ini juga menunjukkan tingkah bebasnya selama berkendara. Nggak sekadar jalan-jalan biasa. Ia melewati gurun, wilayah yang diselimuti es, air terjun, hingga kota yang gemerlap.

(YouTube 88Rising)

Walaupun sedannya itu sempat mogok dan harus didorong atau ada mesin yang rusak di tengah daerah antah berantah, ia benar-benar menikmati perjalanannya itu. Carefree life!

(YouTube 88Rising)

Selama solo trip itu, ia melakukan segala kegiatan di dalam mobil. Mulai dari makan pizza, ganti baju, sampai sikat gigi—semuanya sambil tetap menyetir. Jangan ditiru ya yang satu ini!

Kalau kita tilik lagi lirik DOA, lagu yang menjadi salah satu lagu terfavorit Brian ini menceritakan kondisi ketika kita ditantang oleh orang yang dari awal sudah nggak selevel sama kita. Kata ‘DOA’ juga merupakan singkatan dari death on arrival, sebuah istilah medis yang menggambarkan kondisi pasien sudah meninggal ketika sampai di rumah sakit. Nah, lawan kita itu sudah ‘DOA’ deh sebelum bersaing dengan kita.

(YouTube 88Rising)

Kalau dihubung-hubungkan sama video musiknya nih, perjalanan Rich Brian melalui berbagai tempat dan kondisi menggambarkan kalau ia sudah melewati banyak situasi dan berpengalaman dalam menghadapinya.

Kenapa dengan mobil sedan? Selama perjalanan, ia tetap menggunakan mobil tersebut walaupun rusak atau mogok. Ini bisa diartikan sebagai pembawaah diri Brian tetap sama dan nggak diubah oleh situasi yang ia hadapi. Tetap jadi diri sendiri gitu deh!

Dengan mobil sedan aja Brian bisa melewati berbagai medan. Mangkanya lawannya sudah kalah duluan deh dengan pengalaman yang ia lalui.

Nah, kalau menurut kamu, apa nih makna dari video musik DOA ini? (*)

Related Articles
Entertainment
Jadi Album Terfavorit, Ini Fakta Album Baru Rich Brian ‘1999’

Entertainment
Rich Brian Rilis ‘Don’t Care’, Pesan Menohok Untuk Orang-Orang yang Toxic

Entertainment
Rich Brian Rilis MV Baru "Love In My Pocket", Mi Instan Jadi Pusat Perhatian