Tech

Bosan Pakai Chrome? Coba 8 Browser Alternatif Ini

Delima Pangaribuan

Posted on September 7th 2020

(PCMag)

 
Hingga kini, Chrome tampaknya masih jadi browser primadona yang dipakai sejuta umat. Tapi mulai banyak juga yang beralih browser karena tingkat keamanan Chrome yang semakin rendah. Mungkin kamu salah satunya.
 
Seperti diberitakan Android Central, Google bakal menghilangkan sejumlah fitur pengaman di Chrome. Seperti pop up blocker dan privacy extention. Padahal fitur-fitur semacam itu penting banget supaya data-data pribadi kita enggak mudah diambil sama pihak ketiga.
 
Bukan berarti Chrome 100 persen nggak aman, ya. Secara tampilan, Chrome masih yang paling ramah interface-nya. Tapi kalau kalian mengutamakan keamanan data pribadi, nggak ada salahnya mencoba browser alternatif demi melindungi diri dari 'mata-mata' dunia maya. 

 
Berikut 8 browser rekomendasi Mainmain yang dirangkum dari Android Central.
 
1. Vivaldi
Browser paling customizable alias gampang diatur sesuai selera. Tampilannya mungkin bakal paling familiar karena Vivaldi juga menggunakan koding Chromium seperti Chrome. Kelebihannya dibanding Chrome adalah dia lebih secure soal data-data.
 

2. Avast Secure Browser
Kalau ingin keamanan datanya naik level, coba pakai browser yang satu ini. Namanya aja udah menjamin banget kalau Avast bakal secure alias aman. Ekstensi internet secure-nya udah terpasang secara otomatis. Dan browser ini punya fitur yang bakal mengingatkan kita kalau hampir jadi korban phising atau mau download file berbahaya layaknya malware.
 
3. Brave
Keunggulan browser ini adalah open source. Jadi dia bisa lebih diutak-atik kodingnya ketimbang browser lain. Kalau kamu pintar IT, browser ini cocok karena kamu bisa berkreasi bikin extention sendiri demi mengamankan data-datamu. Sama seperti Chrome, Brave juga dibangun dari kode Chromium.
 
4. Opera
Vivaldi dan Brave memang punya dasar bangunan yang sama seperti Chrome. Tapi kalau urusan fungsi dan sebagainya, bisa dibilang Opera-lah yang paling mirip sama browser sejuta umat itu. Bedanya, Opera dibuat enggak men-tracking aktivitas online kita. Tapi nilai minusnya adalah dia nggak punya webpage blocking. 
 
5. Firefox
Browser yang pernah berjaya pada masanya, sebelum Chrome menyerang. Ini adalah saingan dan paradoks dari Chrome secara langsung. Nggak pakai tampilan dari Chromium, penggunanya bisa merasakan suasana baru dengan browser ini. Apalagi sekarang fiturnya udah banyak di-upgrade dan lebih aman buat kita berselancar di dunia maya.
 
6. Microsoft Edge
Buat pengguna Windows 10, browser ini udah otomatis ada di perangkatnya. Tampilannya simpel dan justru bikin kita makin nyaman buat berselancar. Loading webpage-nya lebih cepat. Tapi, ini nggak bisa dipakai di Windows di bawah versi 10. Harus pakai perangkat yang emang baru.
 
7. Maxthon
Adakah penyuka vintage? Atau ingin bernostalgia saat pakai Internet Explorer awal 2000-an? Maka browser ini adalah pilihan tepat. Meski tampilan lawas, fitur Maxthon udah update banget mengikuti tren masa kini. Dia bahkan bisa mengakses situs-situs lama yang mungkin nggak terdeteksi sama browser yang lebih baru.
 
8. Tor Browser
The Onion Routing atau Tor adalah browser yang pastinya sudah akrab di gadget para penggemar VPN. Yup, pengguna VPN pasti cenderung pakai browser ini karena bebas dari tracking online. Tor benar-benar ngeblok IP kita dan menghindarkan kita dari kebocoran data di dunia maya. (*)
 
Related Articles
Tech
Begini Cara Supaya Privasimu Aman Selama Pakai Browser Dunia Maya

Tech
Trik Upload Foto ke Instagram Langsung dari PC

Tech
Google Mengklaim Chrome Versi Terbaru di Mac Lebih Cepat dari Safari