Current Issues

Perketat Jaga Jarak, Korea Selatan Tekan Kasus Covid-19 Gelombang Kedua

Dwiwa

Posted on September 6th 2020

Pengunjung wajib masker saat berkunjung ke rumah sakit di Seoul. (Reuters/Kim Hong-Ji)

Korea Selatan mencatatkan angka penambahan kasus harian paling sedikit dalam tiga minggu terakhir pada Jumat (4/9). Tercatat hanya ada 168 kasus baru di yang muncul, setelah sempat melonjak hingga 441 pada akhir pekan lalu.

Dilansir dari Reuters, Negeri Ginseng menghadapi pandemi covid-19 gelombang kedua setelah terjadi outbreak besar di sebuah Gereja Kristen. Salah satu jemaat dari gereja tersebut kemudian menghadiri sebuah rapat umum politik pada 15 Agustus.

Nah, penurunan jumlah kasus harian ini terjadi setelah otoritas setempat melakukan pengetatan social distancing pada Minggu lalu. Langkah-langkah tersebut temasuk membatasi pengoperasian restoran di wilayah metropolitan Seoul yang menjadi pusat penyebaran.

Orang-orang dilarang untuk makan di restoran setelah pukul 9 malam. Kafe dan toko roti dibatasi, hanya memperbolehkan makanan untuk dibawa pulang dan diantar ke rumah sepanjang hari.

Meski sudah mengalami penurunan, pada Jumat pemerintah Korea Selatan mengumumkan jika aturan akan diperpanjang hingga 13 September mendatang. Alasannya, dibutuhkan waktu lebih lama agar jumlah kasus infeksi dapat menurun lebih banyak.

“Angkanya memang mengalami penurunan tetapi terlalu dini bagi kami untuk merasa tenang,” ujar Menteri Kesehatan Park Neung-hoo dalam rapat pada Sabtu. Total infeksi di Korea Selatan pada Jumat tercatat menembus angka 21.010 dengan 333 di antaranya meninggal dunia.

Upaya pemerintah Korea Selatan dalam menekan peningkatan kasus covid-19 baru ini bukan tanpa halangan. Sekitar 1.600 dokter magang dan dokter residen melakukan pemogokan karena menolak rencana pemerintah mereformasi sektor medis agar dapat menangani epidemi lebih baik di masa depan.(*)

Artikel Terkait
Current Issues
Direktur CDC: Semua Pakai Masker Selama 12 Minggu, Pandemi Bisa Dikendalikan

Current Issues
Meski Ada Vaksin Covid-19, Kehidupan Diperkirakan Baru Akan Normal Pada 2022

Current Issues
Kenapa Sih Masker Scuba atau Buff Dilarang Digunakan Untuk Cegah Covid-19?