Interest

Fujifilm Luncurkan Lensa Mirrorless dengan Bukaan f/1.0 Pertama di Dunia

Dwiwa

Posted on September 6th 2020

(DPReview)

Ada kabar gembira buat para penggemar kamera mirrorless, terutama yang menggunakan brand Fujifilm. Perusahaan asal Jepang ini baru saja meluncurkan lensa terbaru yang dinamai Fujinon XF 50mm F1.0 WR.

Ini merupakan lensa ke-35 dari Fujifilm yang dibuat untuk kamera mirrorless Fujifilm X-Series. Menurut Fujifilm, seri ini merupakan lensa pertama di dunia yang memiliki lensa autofocus f/1.0 untuk kategori kamera mirrorles.

Dilansir dari The Verge, panjang fokus pada lensa ini setara dengan 75mm pada sensor APS-C Fujifilm. Lensa tercepat sebelumnya adalah 56mm f/1.2, yang juga merupakan bukaan yang cenderung diunggulkan oleh perusahaan seperti Nikon dan Canon dalam desain lensa autofocus mereka.

Canon sebenarnya juga pernah membuat autofocus 50mm f/1.0 untuk kamera DSLR-nya. Tetapi sudah dihentikan sepuluh tahun lalu. Nikon dan Leica juga telah membuat lensa f/0.95, tetapi hanya bekerja dengan fokus manual.

Bukaan diafragma yang besar memungkinkan pengguna untuk mendapatkan kedalaman bidang yang lebih sempit dan memotret pada kecepatan rana yang lebih tinggi atau pengaturan ISO yang rendah.

Lensa yang telah lama dikembangkan ini tampaknya lebih pada bentuk pernyataan dari Fujifilm dibanding peralatan praktis yang bisa digunakan oleh sebagian besar fotografer.

Perbedaan kedalaman bidang antara lensa ini dengan 56mm f/1.2 setidaknya sebagian dapat diimbangi oleh panjang fokus yang lebih pendek. Lensa 50mm ini juga lebih besar dan memiliki berat hingga 845 gram.

Dilansir dari DPReview, lensa ini juga mampu diandalkan untuk memotret dalam kondisi gelap. Bahkan jika digunakan bersama dengan kamera mirrorless Fujifilm X-Pro3 dan X-T4, kemampuannya bisa menangkap gambar obyek di situasi sangat gelap. Lebih gelap dari kondisi malam dengan cahaya bulan.

Nah, jika kalian pensaran seperti apa rasanya memiliki lensa ini, masih ada waktu kok buat menabung. Sebab saat dipasarkan pada akhir September nanti, lensa Fujinon XF 50 mm F1.0 WR ini bakal dipasarkan dengan harga USD 1.499,95 atau sekitar Rp 21,6 juta.(*)

Related Articles
Tech
Tampil Flawless Saat Video Call? Pakai Kamera Mirrorless Aja. Ada Aplikasinya!

Tech
Ilmuwan Ini Ciptakan Lensa Datar yang Mampu Produksi Gambar Fisheye

Interest
Situasi Lingkungan Mulai Rawan! Yuk Pasang CCTV dari Ponsel Bekas Kalian