Lifestyle

Takut Coba Skincare Baru Karena Khawatir Nggak Cocok? Ini Cara Mengatasinya...

Kezia Kevina Harmoko

Posted on September 5th 2020

(cookie_studio via Freepik)

Dunia skincare kini makin berkembang dan cepat banget. Produk-produk baru meluncur dengan cepat. Beauty influencer juga seakan persuasif banget mengenalkan produk baru yang bikin penasaran. Belum lagi marketplace kecantikan juga semakin banyak dan promonya menggoda kita buat mencuri tabungan sendiri, godaannya berat banget deh!

Tapi setiap mau checkout belanjaan skincare, pasti pernah deh tiba-tiba ragu karena takut nggak cocok sama kulit dan malah buang-buang duit. Serba salah dan bikin tambah dilema kan?

Dilansir dari Insider, seorang dermatolog asal Amerika Serikat bernama Dr. Elisabeth Tanzi berpendapat kalau bahan produk kecantikan zaman sekarang makin aktif dan efektif, sehingga bisa mengiritasi kulit kalau tidak cocok dengan tipe kulit atau penggunaannya terlalu sering. Nah, simak tips berikut biar tahu produk yang kita coba benar-benar cocok sama kulit kita!

Coba lakukan patch test

Sebelum mengaplikasikan produk ke seluruh wajah, coba lakukan patch test untuk mengetahui apakah kita alergi dengan kandungan produk tersebut. Bisa dilakukan di daerah belakang telinga atau bagian dalam siku kita dulu.

Kalau setelah 24 jam ada rasa panas, gatal, atau bersisik, coba konsultasi ke dermatolog sebelum melanjutkan penggunaannya. Bisa jadi ada kandungan retinoid yang menyebabkan iritasi ringan, namun bisa juga ada kandungan lain yang menyebabkan alergi.

Konsisten menggunakan produk

Kalau sudah berhasil melewati patch test, lanjutkan menggunakan produk tersebut minimal satu bulan baru deh lihat hasilnya. Gak ada hasil yang instan dalam dunia skincare! Dilansir dari Well and Good, dermatolog bernama Dr. Melanie Palm berpendapat kalau butuh sekitar 3-4 bulan untuk menilai apakah produk tersebut benar-benar memberikan perubahan pada kulit.

Pastikan pakai produknya rutin ya, manfaat produk bisa berubah kalau ada pemakaian yang terlewat apalagi nggak rutin.

Peka dengan reaksi kulit

Kalau lagi mencoba skincare baru, harus banget deh perhatian sama reaksi kulit kita dari hari ke hari. Jangan sampai kita mengabaikan reaksi seperti kulit kering, bersisik, kemerahan, kusam, bengkak, atau kondisi tidak biasa lain setelah sekitar tiga minggu penggunaan. Kemungkinan tanda-tanda tersebut meminta kita konsultasi ke tenaga medis atau menghentikan produk tersebut.

Dilansir dari Insider, dermatolog bernama Dr. Heidi Waldrof berkata kalau reaksi tersebut bisa menandakan kalau kulit kita kurang terhidrasi atau tidak terdeskuamasi (pengelupasan lapisan luar kulit) dengan baik. Kalau skincare yang kamu gunakan cocok, seharusnya kulit akan terasa lembab dan balance.

Jangan coba banyak produk sekaligus

Mungkin bundling skincare terlihat lebih menggiurkan, tapi ada baiknya menggunakan produk baru secara satu per satu daripada langsung banyak. Kalau kita langsung menggunakan banyak produk baru, ketika kulit breakout atau iritasi, kita nggak tahu produk mana atau kandungan apa yang menyebabkan masalah tersebut.

Campuran bahan tertentu juga dapat memperburuk kondisi iritasi dengan kemungkinan adanya reaksi alergi. Pasti nggak mau dong merasakan hal ini?

Related Articles
Lifestyle
Begini Cara Tepat Penggunaan Pelembab Agar Efektif

Lifestyle
Mengobati Jerawat dengan Probiotik, Kok Bisa?

Interest
Cegah Distribusi Produk Kecantikan Abal-abal, Kominfo akan Atur Para Influencer