Tech

Susul Twitter dan YouTube, Facebook Kini Dilengkapi Fitur "Topic"

Ahmad Redho Nugraha

Posted on September 3rd 2020

 

Salah satu fitur terbaru Facebook untuk menonton video, Facebook Watch, kini dilengkapi dengan fitur baru yang disebut Your Topics. Fitur ini secara otomatis merangkum minat tontonan para pengguna. Mereka dapat menggunakan Facebook Watch untuk mengeksplorasi pilihan tontonan yang beragam dan berlangganan dengan beberapa kategori konten.

Fitur ini diluncurkan secara diam-diam beberapa hari belakangan. Beberapa pengguna Facebook app sudah dapat mengaksesnya via tampilan Facebook ponsel. Sebuah notifikasi pop-up akan muncul dari menu Watch.

Pesan tersebut menerangkan jika Facebook kini berfokus dalam menunjukkan lebih banyak video yang berhubungan dengan #topics yang diikuti oleh pengguna tersebut.

"Karena ada banyak cara bagi feed Watch dan kategori video yang muncul di dalamnya, kemungkinan akan muncul banyak video yang tidak sesuai dengan minatmu," demikian bunyi pesan tersebut. "Beberapa video yang berhubungan dengan #Topics atau halaman yang kau ikuti mungkin tidak akan muncul di feed Watch-mu."

Pengguna yang sudah memperoleh akses ke fitur ini dapat mengklik ikon Profil di Facebook Watch kemudian mengklik link bertuliskan Your Topics untuk menelusuri kategori yang ada.

Subkategori yang tampil di bawahnya dapat di-follow atau di-unfollow. Subkategori tersebut meliputi kategori seperti Animals, Art & Design, Books, Business, Education, Fashion & Style, Food, Games, History & Philosophy, Home & Garden, Music, Performing Arts, Science & Tech, Sports, Travel & Leisure, TV & Movies dan Transportation.

Sub kategori tersebut akan terpecah lagi menjadi lebih spesifik, seperti misalnya dalam subkategori Animal, akan muncul tagar #EndangeredSpecies, sementara pada subkategori Travel & Leisure terdapat #TravelOceania atau #WinterActivities. Pengguna harus mengklik topik tersebut secara spesifik untuk mengikutinya.

Topik yang diikuti tersebut kemudian akan tampil dalam bentuk pesan konfirmasi, kemudian setelah dikonfirmasi, topik itu akan muncul di bawah menu "Topics You Follow" di fitur Facebook Watch. Pengguna juga dapat meng-unfollow topik tersebut setelahnya.

Facebook juga menambahkan fitur grouping dimana kumpulan konten video muncul. Video-video ini bisa jadi merupakan konten dari mitra berbayar atau video yang tersortir secara otomatis karena algoritma Facebook, bisa karena jumlah "love" yang diberikan penontonnya, atau video yang populer di antara teman-teman pengguna.

Fitur ini digulirkan Facebook untuk membuat platfrom mereka lebih kompetitif dalam menghadapi YouTube. Meski demikian, YouTube sebenarnya sudah lebih dulu mengembangkan fitur Topic dengan cara mereka sendiri, lewat kategori yang lebih luas seperti Gaming dan Fashion & Beauty yang kini menjadi bagian utama dari halaman navigasi mereka.

YouTube juga meletakkan topik yang dipersonalisasikan di bagian atas halaman Home sesuai dengan minat tontonan pengguna YouTube.

Fitur Topic juga sudah menjadi andalan Twitter sejak lama. Mereka menampilkan top tweet yang cocok dengan minat penggunanya, walau tweet tersebut tidak selalu disertai video, berbeda dengan Facebook dan YouTube.

"Kami sedang berusaha menciptakan cara untuk menghubungkan banyak orang dengan video yang sesuai dengan minat mereka," demikian tulis juru bicara Facebook kepada Tech Crunch. (*)

Related Articles
Current Issues
Hai Konten Kreator, IGTV Bakal Bisa Dimonetisasi loh

Tech
Tinder Uji Coba Fitur Video Chat di Beberapa Negara, Termasuk Indonesia

Tech
Tahun Depan, Facebook Bakal Luncurkan Kacamata Pintar