Korea

Deretan Lagu KPop English Version yang Sayang Kalian Lewatkan

Delima Pangaribuan

Posted on September 3rd 2020

 
Sudah nggak jamannya sekarang komentarin penikmat KPop "Eh, ngapain denger lagu yang kalian ga ngerti artinya?". Weits, belum tahu aja mereka kalau lagu KPop juga banyak yang berbahasa Inggris. Bahkan full dari awal sampai akhir lagu.
 
Ada yang memang dirilis sepenuhnya bahasa Inggris (bukan saduran versi Korea) seperti Dynamite-nya BTS atau Someone's Someone-nya MONSTA X. Ada juga yang awalnya lagu berbahasa Korea kemudian mereka rilis versi bahasa Inggrisnya, khusus buat fans internasional.
 
Mengutip Soompi, berikut daftar beberapa lagu Korea yang punya versi Inggris. Pastinya nggak kalah ciamik dan nempel di telinga.

 
1. TWICE More & More
Jarang-jarang TWICE, yang membernya Korea-Taiwan-Jepang, menyanyikan lagu di luar tiga bahasa itu. Para member berhasil membuktikan kemampuan mereka ngebawain lagu dalam bahasa Inggris tanpa mengurangi makna lagu.
 
 
 

2. TXT Cat & Dog
Agak susah bikin English version dari lagu ini karena di versi Koreanya, TXT banyak main bahasa slang. Tapi buktinya mereka berhasil dan malah pakai banyak permainan kata juga di versi bahasa Inggrisnya.
 
 
3. EXO For Life 
Lagu ballad musim dingin EXO ini pas banget buat menghangatkan hati. Apalagi kalau dengerin versi Inggrisnya, berasa soundtrack film romansa mana gitu.
 
 
4. G-IDLE Oh My God
G-IDLE menghadirkan versi yang berbeda untuk lagu ini dari yang aslinya. Tapi dua-duanya sama-sama badass dan keren abis, bikin yang dengerin bakal ngebatin "oh my God..."
 
 
5. DAY6 Congratulations
Salah satu lagu legend di dunia perpatah-hatian KPop. Lagu ini jadi legend karena sejak awal DAY6 emang udah bikin versi Inggrisnya, karena dua member mereka (Jae dan Young K) fasih bahasa Inggris.
 
 
6. MONSTA X ft Steve Aoki Play It Cool
Mau bahasa Korea atau Inggris, lagu yang digubah bareng Steve Aoki ini bener-bener asik buat didengerin. Apalagi di hari-hari musim panas kayak gini.
 
 
7. Red Velvet RBB (Really Bad Boy)
Girl group ini punya Wendy yang emang fasih banget bahasa Inggrisnya, ditambah punya suara melengking yang selalu bikin merinding. Makanya SM gak mikir dua kali bikinin versi Inggris untuk lagu tersebut. Hasilnya? Two thumbs up.
 
 
8. BTS MIC Drop (Steve Aoki Remix)
Nggak sepenuhnya bahasa Inggris karena bagian rap J-Hope dan Suga tetap seperti aslinya (Korea). Meski begitu, lagu ini mendapat sambutan luar biasa dari penikmat musik internasional.
 
 
9. NCT 127 Highway to Heaven
Mau bahasa Korea atau bahasa Inggris, dua-duanya tetap bisa menyihir, apalagi kalau NCT 127 yang bawain lagu ini dengan suara khas mereka. Benar-benar serasa dibawa ke heaven. 
 
 
10 LOONA's Odd Eye Circle Loonatic
Pesan dari lagu ini gak cuma pengen disampaikan LOONA dalam bahasa ibu mereka aja. Tapi juga pakai bahasa Inggris supaya makin banyak Orbits (fans LOONA) yang merasa related sama lagunya.
 
 
11. GOT7 Lullaby
Gak begitu sulit menikmati lagu ini dalam bahasa Inggris full karena bagian nendangnya alias refrain 80 persen berbahasa Inggris.
 
 
12. Girls' Generation Hyoyeon Sober
Sayang sekali kalau lagu yang inspiratif seperti Sober kurang diminati cuma karena berbahasa Korea. Makanya SM bikinin versi Inggrisnya juga buat Hyoyeon, menyadarkan dan men-sober-kan fans-fans internasional betapa kerennya lagu ini. 
 
Related Articles
Korea
Tujuh Idol K-Pop Ini Juga Suka Among Us Loh, Ada yang Pernah Main Bareng?

Entertainment
7 Reality Show Idol KPop yang Recommended Buat Hiburan Selama Karantina

Entertainment
Daftar Idol K-Pop yang Berhasil Masuk Chart World Albums Billboard, Ada Biasmu?