Tech

Tanggapi Pandemi, Perusahaan Ini Ciptakan Mesin Pembuat Pizza Otomatis

Ahmad Redho Nugraha

Posted on September 3rd 2020

Teknologi tinggi tak hanya dimanfaatkan dalam sektor transportasi atau informasi. Dalam dunia kuliner pun, teknologi bisa memainkan peran. Seperti yang dilakukan perusahaan bernama Zume. Mereka membikin mesin pembuat pizza otomatis yang menghasilkan 150 loyang per jam. 

Awal tahun lalu, Zume memamerkan konsep mesin tersebut. Dan Rabu (2/9) mereka secara resmi meluncurkan XRobotics. 

Permintaan akan pizza memang tidak terlalu tinggi di negara timur seperti Asia, jika dibandingkan dengan negara-negara Eropa seperti Italia yang memang mengonsumsi roti gandum sebagai makanan pokok.

Di beberapa negara tersebut, produksi pizza yang labor-intensive dan melibatkan banyak kontak fisik antara koki dan bahan makanan, memunculkan kendala di masa pandemi. Padahal, permintaan akan pizza tidak berkurang sama sekali. XRobotic diharapkan akan mengisi gap tersebut.

Zume selama ini banyak berinvestasi dalam pembuatan truk makanan. Mereka mengedepankan pemanfaatan kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk membuat truk makanan tersebut dapat mencapai tujuannya dengan tepat waktu. Robot pembuat pizza adalah hal yang sama sekali baru bagi mereka.

XRobotics bekerja dengan cara yang mirip dengan mesin cetak 3D dalam hal penentuan ukuran dan pembentukan adonan. Koki hanya perlu memasukkan sejumlah adonan pizza ke atas nampan, memilih jenis topping pizza lalu mengoperasikan mesin dari tablet yang terhubung dengan mesin tersebut.

Nampan tersebut kemudian akan berputar di dalam mesin, sehingga saus, keju dan topping lainnya menempel pada adonan dengan merata.

Keunggulan utama XRobotics adalah ia dapat menaburkan topping pada beberapa pizza sekaligus, dengan kapasitas produksi 150 pizza per jam. XRobotics saat ini dapat bekerja dengan 20 jenis topping. Desain mesin ini putih polos dengan bagian-bagian terluar yang dapat dilepas dan dibersihkan dengan mudah dan cepat.

Kekurangan XRobotics sama seperti kebanyakan mesin otomatis lainnya, yaitu jumlah permintaannya yang mungkin akan sangat terbatas. Tidak semua restoran di dunia ini menjual pizza dan membutuhkan XRobotics, dan kemungkinan hanya pizzeria dengan volume permintaan tinggi saja yang memerlukan bantuan XRobotics di dapur mereka.

Zume telah membuka prapesan untuk mesin pembuat pizza ajaib mereka. Zume mengklaim sudah ada 400 pesanan XRobotics saat ini, dan mereka berencana untuk mengekspansi penjualan mereka ke 50 lokasi lainnya di seluruh dunia pada 2021 mendatang. Zume cukup percaya diri dengan penjualan mereka, mengingat dunia kuliner kini mulai mempertimbangkan cara baru dalam menyajikan makanan di masa pandemi. (*)

 

Related Articles
Tech
Manfaatkan Algoritma AI, Perusahaan Induk TikTok Terjun di Bidang Farmasi

Hobi
Blackshark, Perusahaan di Balik Desain Realistis Game Flight Simulator

Tech
Future Fields, Perusahaan Startup yang Pasarkan Teknologi "Pembuatan" Daging