Tech

Google Luncurkan Fitur Kids Space untuk Awasi Anak Saat Pakai Gawai

Ahmad Redho Nugraha

Posted on September 1st 2020

Di era pandemi dan belajar dari rumah seperti saat ini, orang tua harus memberikan pengawasan khusus kepada anak-anaknya dalam menggunakan gawai dan internet. Beberapa perusahaan teknologi, seperti Google berusaha menciptakan inovasi yang bertujuan untuk membantu tugas tersebut.

Salah satu inovasi Google adalah dengan menciptakan Google Kids Space, semacam mode Android khusus untuk anak-anak yang menggunakan tablet. Google Kids Space saat ni diluncurkan untuk Lenovo Smart Tab M10 HD Gen 2, dan Google berencana menggulirkan produk ini ke lebih banyak perangkat dengan OS Android.

Konsep Google Kids Space ini cukup mirip dengan FreeTime buatan Amazon yang didesain sebagai perangkat kendali dan akses parental terhadap konten dan aplikasi anak-anak. Tapi lebih dari itu, Google Kids Space bukan hanya mengontrol aplikasi dan konten apa saja yang bisa diakses anak-anak, tetapi juga mendesai tampilan dan kendali Android secara keseluruhan hingga menjadi lebih aman dan nyaman untuk anak-anak.

Google bekerjasama dengan beberapa penerbit untuk menggratiskan akses ke buku-buku anak yang populer melalui tab 'Read' yang ada di Kids Space. Saat ini ada lebih dari 400 buku gratis bagi pengguna Kids Space di AS. Sementara itu, tab 'Watch' dan 'Make' berisi konten-konten kreatif dari YouTube Kids yang mendorong anak-anak untuk melakukan aktivitas di luar layar gawai. 

Fitur ini dikembangkan sebagai daya tarik baru perangkat Android dibandingkan iOS sekaligus untuk "mengunci" keluarga pengguna gawai di dlam ekosistem buatan Google. Google sengaja memilih bekerjasama dengan Lenovo untuk memudahkan proses pengaturan bagi orangtua sekaligus untuk menjadikan Kids Space sebagai fitru bawaan gawai tersebut.(*) 

Artikel Terkait
Tech
Kenali 5 Fitur Terbaru Android 11 yang Hadir di Beta Version!

Tech
Fitur Baru DuckDuckGo Bisa Cegah Aplikasi Lacak Data Penggunan Android

Tech
Tahun Ini Google Gencar Tingkatkan Integrasi Windows dan Android