Tech

Catat! Pokemon Go Tak Bisa Dimainkan di Perangkat Ini Mulai Oktober

Ahmad Redho Nugraha

Posted on September 2nd 2020

Pokemon Go masih dimainkan oleh banyak orang hingga saat ini. Salah satu sebabnya adalah karena Niantic, pengembang game ini masih aktif melakukan update dan menggelar berbagai event secara berkala. Namun banyaknya update tersebut lambat laun membuat game Pokemon Go semakin "berat" bagi smartphone ataupun tablet yang memainkannya.

Demi menjaga kualitas permainannya, Nianti memutuskan untuk menghentikan support mereka terhadap ponsel dengan spesifikasi iPhone 5S dan iPhone 6. Niantic via Twitter mereka juga mengonfirmasi jika OS Android 5.0 "Lollipop", iOS 10, dan iOS 12 juga tidak akan lagi dapat mengakses game Pokemon Go pada update Oktober mendatang.

"iPhone 5S dan 6 hanya memiliki RAM sebesar 1 GB, dan kami tidak mau pengembangan dan implementasi fitur akan terhambat bagi para pemain yang menggunakan ponsel-ponsel tersebut," demikian ujar Niantic, dikutip dari The Verge.

Performa game Pokemon Go memang sangat bergantung kepada kualitas kamera yang dimiliki gawai, disamping GPS dan daya tahan baterai. Niantic mengatakan jika penerapan aturan barut ersebut hanya akan mengurangi "sedikit" pemain Pokemon Go aktif di seluruh dunia.

Data dari Sensor Tower menunjukkan bahwa Pokemon Go tidak kehilangan popularitasnya selama pandemi Covid-19. Justru sebaliknya, game ini memperoleh pendapatan hingga USD 254 juta (sekitar Rp 3,7 triliun) pada perempat kedua tahun 2020, atau hampir 38 persen peningkatan dari pendapatan periode sebelumnya. Keputusan Niantic untuk mengubah konfigurasi game Pokemon Go sehingga dapat dimainkan di rumah tampaknya adalah langkah yang tepat.(*)

Artikel Terkait
Hobi
Karena Pandemi, Event "Go Fest" 2020 Pokemon Go digelar Secara Virtual

Hobi
Niantic Siap Rilis Dua Fitur Hadiah Harian untuk Pemain Pokemon Go

Hobi
Pokemon Go Munculkan Mega Pidgeot di Event Mega September