Hobi

Tuai Kontroversi, Ubisoft Tarik Simbol Tangan Terkepal dari Trailer Game Mereka

Ahmad Redho Nugraha

Posted on August 31st 2020

Ubisoft, perusahaan pengembang serial Tom Clancy belakangan ramai diperbincangkan akibat video promosi game tersebut. Mereka dituduh warganet Amerika sebagai pendukung teori konspirasi Black Lives Matter karena menggunakan simbol tangan hitam terkepal untuk menggambarkan organisasi jahat dalam game. 

Simbol tangan tersebut muncul dalam video perkenalan game terbaru dari serial Tom Clancy, Elite Squad. Game aksi RPG itu menampilkan karakter all-star dari seluruh serial Tom Clancy dalam format mobile mirip Fortnite.

Video tersebut menampakkan kelompok bernama UMBRA, organisasi misterius yang ingin mendirikan dunia baru, sedang merencanakan serangan teroris berskala mematikan untuk menciptakan kekacauan dan melemahkan pemerintah.

UMBRA menggunakan simbol tangan hitam terkepal, yang secara kebetulan mirip dengan logo kampanye Black Lives Matter.

 

Sejak video tersebut dirilis, warganet langsung menghujaninya dengan kritik. Banyak orang mengaitkan Ubisoft berusaha mencitrakan gerakan Black Lives Matter sebagai sesuatu yang jahat. 

Salah seorang perancang cerita game tersebut membantah pernyataan tersebut via Twitter. Dia mengatakan jika penjahat UMBRA dalam cerita Elite Squad tidak ada hubungannya dengan kondisi di dunia nyata, dan simbol tangan terkepal adalah simbol universal yang digunakan untuk menunjukkan perlawanan.

"Eluite Squad Tom Clancy adalah karya fiksi yang tidak menunjukkan kejadian apapun di dunia nyata," ujar Ubisoft. "Meski demikian, kami mendengarkan (kritik) para pemain yang selama ini menunjukkan kemiripan (dengan kampanye Black Lives Matter), dan demi menghindari kebingungan, kami putuskan untuk mengubah trailer tersebut di update berikutnya," timpal mereka.

Ubisoft juga meminta maaf kepada semua orang via Twitter terkait isu yang beredar tersebut.

"Kami memahami dan mengapresiasi para pemain dan masyarakat luas yang telah menunjukkan kesalahan kami, dan kami memohon maaf," tulis Ubisoft via Twitter.

Tom Clancy adalah branding yang dipergunakan oleh Ubisoft dalam beberapa seri video game-nya. Tom Clancy diambil dari nama penulis berkebangsaan AS, yang sebagian kisah hidupnya diadaptasi ke dalam game Ubisoft.

Meski demikian, sebagian game Tom Clancy tidak berhubungan dengan tulisannya. Dan tidak semua game Tom Clancy memiliki keterkaitan cerita satu sama lain. Sebagian besar game di bawah naungan branding Tom Clancy bertemakan pertempuran militer masa kini.

Game Elite Squad sendiri dikerjakan oleh Owlient, studio game yang berbasis di Perancis. (*)

 

Artikel Terkait
Hobi
Tinggalkan Cara Lama, US Army Kini Promosikan Karier Militer dengan Bermain Game

Hobi
PlayStation 5 Pecahkan Rekor Penjualan Game Konsol di Amerika

Current Issues
12 Film Ini Wajib Ditonton Agar Kalian Lebih Paham Soal Isu Rasisme