Hobi

Fitur Mega Evolutions Pokemon Go Tersandung Persoalan 'In-app Payment'

Ahmad Redho Nugraha

Posted on August 30th 2020

Mega evolution merupakan salah satu fitur yang sudah lama dinantikan kemunculannya oleh para pemain Pokemon Go. Mega evolution pertama kali diperkenalkan dalam gameplay Pokemon X & Y, Pokemon generasi 6 yang dirilis untul platform Nintendo 3DS. Fitur ini membuat beberapa jenis pokemon tertentu berevolusi ke dalam bentuk temporer berkat bantuan item-item tertentu.

Tentu saja mega evolution dalam gameplay Pokemon Go akan sedikit berbeda dengan gameplay pada game originalnya. Pokemon Go saat ini hanya menyediakan mega evolusi untuk empat jenis pokemon: Venusaur, Charizard, Blastoise dan Beedrill.

Keempat pokemon ini dapat dievolusikan ke bentuk meganya dengan menggunakan item bernama Mega Energy yang hanya dapat diperoleh lewat pertarungan dengan Team Rocket dan fitur Raids. Meski demikian, sebagian fans sepertinya keberatan cara mengakses mega energy lewat kedua fitur tersebut.

Mega evolution hanya bertahan selama empat jam, sebelum pokemon yang berevolusi tersebut kembali ke wujud awalnya. Sementara dibutuhkan mega energy dalam jumlah tertentu untuk mengevolusikan pokemon ke bentuk mega.

Fitur raids selama ini dikenal sebagai salah satu sumber pendapatan Niantic, pengembang game Pokemon Go, melalui in-app payment. Masing-masing pemain Pokemon Go dapat melakukan raid sekali setiap hari, dan jika ingin melakukannya lebih dari sekali, mereka perlu membayar USD1 untuk satu kupon raid pass. Jumlah uang yang perlu dikeluarkan tersebut tentu saja tidak sebanding dengan evolusi mega yang hanya dapat dilangsungkan sekali untuk empat jam.

Pokemon Go memang selama ini memiliki sistem pay-to-win, walau tidak separah game lainnya. Sebagian fitur yang melibatkan pay-to-win tersebut tidak dapat dihindarkan, namun tetap worth it jika pembayaran tersebut dilakukan untuk item yang nilai gunanya bersifat permanen.

Mengingat daya tahan mega evolusi hanya empat jam, pemain Pokemon Go mungkin akan berpikir ratusan kali sebelum mengevolusikan pokemon mereka ke bentuk mega, apalagi untuk mengeluarkan sejumlah uang hanya agar mereka dapat melakukannya.

Mega evolution mungkin hanya akan bermanfaat pada beberapa event seperti Community Days atau Raid Hours. Selebihnya, fitur mega evolution sama sekali belum cukup "bermanfaat". Jika kondisi tersebut berlanjut, kemungkinan akan ada makin banyak pemain yang memutuskan untuk tidak ambil pusing lagi soal Mega Raids dan mega evolution.

Sebagian fans dan pemain Pokemon Go via Reddit menyarankan solusi yang lebih masuk akal, yaitu membuat fitur mega evolution menjadi gratis setelah setiap pemain berhasil melakukannya sekali untuk setiap pokemon mereka yang bisa melakukan evolusi mega. Tentu saja agar dapat berjalan dengan baik, Niantic perlu meng-update jumlah pokemon yang bisa melakukan evolusi mega di masa mendatang. Saran tersebut ternyata didengarkan dan dipertimbangkan oleh Niantic.

"Kami senang sekali memperkenalkan Mega Evolutions ke dalam dunia #PokemonGo. Kami saat ini tengah dengan aktif mendengarkan umpan balk kalian dan sudah tidak sabar untuk membagikan lebih banyak pengembangan fitur ini di masa mendatang," demikian cuit akun Twitter Niantic pada Sabtu (29/8) lalu.(*)

Artikel Terkait
Hobi
Pokemon Go Munculkan Mega Pidgeot di Event Mega September

Hobi
Ulang Tahun ke-4 Pokemon GO Catatkan Penghasilan Rp 52 triliun

Hobi
Karena Pandemi, Event "Go Fest" 2020 Pokemon Go digelar Secara Virtual