Current Issues

Begini Efeknya Kalau Kalian Pakai Maskernya Gak Bener...

Dwiwa

Posted on August 29th 2020

Kasus Covid-19 di Indonesia mencapai rekor harian tertinggi pada Sabtu (29/8). Tercatat ada 3.308 orang yang terkonfirmasi positif pada hari ini. Hal ini membuat total kasus Covid-19 di Indonesia bertambah menjadi 169.195 dengan 7.261 di antaranya meninggal dunia.

Semakin banyaknya jumlah kasus yang terinfeksi membuat para ahli kesehatan juga semakin gencar berkampanye mengingatkan masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang disarankan. Mulai dari mengenakan masker saat keluar rumah, menjaga jarak setidaknya 2 meter, dan rajin mencuci tangan dengan sabun.

Mengenakan masker, bahkan masker kain sekalipun, memiliki dampak positif dalam mengurangi risiko tertular oleh penyakit yang disebabkan virus SARS-Cov-2 ini. Dengan menggunakan masker, maka droplet yang dikeluarkan akan tertahan sehingga tidak mudah menyebar ke lingkungan.

Tapi ternyata, tidak semua orang yang menggunakan masker terlindungi loh dari penularan Covid-19. Beberapa orang yang menggunakan masker bisa jadi memiliki risiko yang sama dengan orang yang tidak bermasker jika penggunaan alat pelindung ini tidak benar.

Penggunaan yang kurang tepat dari masker ini sangat mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Kalian pasti sering menjumpai orang yang mengenakan masker, tetapi hanya menutupi bagian mulut, sementara hidung tetap terlihat jelas.

Ada banyak alasan mengapa orang memilih menggunakan masker seperti itu, mulai dari lebih nyaman hingga lebih mudah bernapas. Tapi ternyata nih, sebuah penelitian terbaru mengungkap jika cara penggunaan masker dengan tidak menutup hidung justru membuat mereka jadi rentan tertular virus yang mematikan ini.

Para peneliti di Universitas North Carolina-Chapel Hill meneliti saluran pernapasan untuk melihat dimana virus corona jenis baru ini paling sering menyusup ke dalam tubuh. Hasilnya, sel yang melapisi hidung secara signifikan lebih mungkin terinfeksi dan menyebarkan virus daripada tenggorokan atau paru-paru.

Dilansir dari Mirror, hal ini berarti jika kalian akan lebih mungkin tertular Covid-19 melalui hidung karena virus menginfeksi sel dengan rambut halus di atasnya yang disebut silia. Silia biasanya berfungsi untuk melindungi hidung dari bakteri dan virus.

Menurut dokter Tood Ellerin, spesialis penyakit menular di Massachussets, penelitian ini penting dan menjelaskan jika saluran hidung memiliki lebih banyak reseptor yang dapat digunakan virus untuk masuk ke dalam sel dibanding tenggorokan dan paru-paru. Inilah asalan mengapa hidung juga perlu ditutup bersama dengan mulut dengan masker.

“Virus menggunakan reseptor itu didalam hidung. Anggap saja sebagai pintu masuk molekuler untuk memasuki sel dan itu adalah fase infeksi pertama,” ujar Ellerin.

Sementara dokter Richard Boucher, direktur Marsico Lung Institute/UNC Cystic Fibrosis Center di UNC-Chapel Hill, hidung pada dasarnya adalah penyedia semua penyakit akibat virus. Virus tampaknya memilih hidung sebagai tempat yang subur untuk infeksi.

Lalu bagaimana cara menggunakan masker dengan benar?

Dalam Good Morning Britain pada Jumat (28/8), dokter Hilary Jones membagikan tips yang benar dalam memakai masker. Langkah pertama adalah memastikan tangan telah bersih, baik dengan menggunakan hand sanitizer atau menggunakan air dan sabun.

Masker harus dipasang di wajah dengan memegang bagian tali saja. Masker ini harus menutupi bagian hidung hingga mulut.

“Aku tidak akan menyentuh bagian depan masker karena aku tidak ingin mencemarinya. Saya tidak akan menurunkan masker di bawah mulut setiap saat dan tidak akan menaruhnya di bawah dagu untuk berbicara dengan orang lain,” ujar Hilary.

Hal ini dikarenakan tujuan utama penggunaan masker adalah menghentikan droplet yang keluar dari mulut saat bernapas, berbicara, bersin, batuk, dan lain sebagainya. Selain itu, menurunkan masker dan meletakkannya di bawah dagu juga berisiko bagian dalam masker tercemari kuman yang ada pada leher yang tidak tertutup.

Terakhir, ketika ingin melepas masker, kalian harus membersihkan terlebih dahulu tangan dan hanya menyentuh bagian tali. Jika masker sekali pakai, segera buang ke tempat sampah. Sementara jika bisa digunakan kembali, segera cuci dan gunakan masker lain ketika keluar rumah.

Untuk mengetahui cara mendisinfeksi masker dengan benar, kalian bisa melihat tutorialnya di sini atau di sini ya.(*)

Related Articles
Current Issues
Kenapa Sih Masker Scuba atau Buff Dilarang Digunakan Untuk Cegah Covid-19?

Current Issues
Direktur CDC: Semua Pakai Masker Selama 12 Minggu, Pandemi Bisa Dikendalikan

Current Issues
Hindari Masker Ini Karena Perlindungannya Tak Cukup Baik