Hobi

Stan Lee Pernah Tampil Jadi "Karakter Jahat" di Komik DC, Kok Bisa?

Ahmad Redho Nugraha

Posted on August 29th 2020

Stan Lee dan Jack Kirby selama ini memang dikenal sebagai karakter kunci dan senior dalam Marvel Comics. Tapi tidak semua orang tahu bahwa ternyata kedua pionir komik superhero Amerika ini sempat berkonflik.

Stan Lee dan Jack Kirby adalah tag team yang mengiringi Marvel di masa-masa awal kebangkitannya. Stan Lee menulis banyak cerita, sementara Kirby membuat ilustrasinya. Beberapa intellectual property (IP) paling populer yang pernah mereka garap bersama tak lain adalah Fantastic Four, Hulk, and the X-Men.

Namun, seiring dengan bertambahnya popularitas mereka, Kirby dan Lee pun lambat-laun mulai sering menemukan ketidakcocokan dalam proses kreatif mereka.

Kirby akhirnya mengklaim jika dia mengambil lebih banyak porsi pengerjaan dibandingkan Lee. Sebab dia juga mengambil tugas dalam penulisan cerita. Di mana tugas itu harusnya menjadi tanggung jawab Stan Lee.

Konflik itu pun berujung dengan keluarnya Jack Kirby dari Marvel Comics pada 1970-an. Kirby kemudian bergabung dengan DC Comics dan membuat komiknya sendiri: Mister Miracle.

Hingga kini, masih banyak fans DC dan Marvel yang mempertanyakan motivasi pribadi di dalam karakter-karakter Mister Miracle yang dikembangkan oleh Kirby. Sebagian fans yakin jika karakter "Funky Flashman", penjahat dalam Mister Miracle adalah bentuk karikatur dari Stan Lee.

Funky dimunculkan dalam komik Mister Miracle edisi 6 pada 1972. Dia adalah seorang seniman komik yang menyalahgunakan kedermawanan seorang karakter bernama Colonel Mockingbird.

Dengan bantuan asistennya, Houseroy, Funky berusaha memaksa Mister Miracle untuk membiayainya agar karyanya dapat dipublikasi. Ketamakan Funky berbuah pada tindakannya mencuri Mother Box milik Mister Miracle.

Mother Box, perangkat kuno yang pernah dimunculkan dalam film Justice League 2017 lalu ternyata mengirimkan sinyal kepada alien Female Furies dalam Apokolips yang mendatangi tempat tinggal Funky. Funky yang penakut pun melemparkan Houseroy kepada furies, sementara dia sendiri kabur dari tempat itu.

Meski karakter ini awalnya tampak tidak penting, namun banyak orang yang akhirnya menyadari jika Funky Flashman adalah perwujudan dari Stan Lee versi muda. Termasuk cara bicara dan penulisannya. Sebagian orang juga yakin jika bentuk hubungan antara Mister Miracle dan Funky terinspirasi dari hubungan antara Jack Kirby dengan Stan Lee itu sendiri.

Keinginan Funky untuk mengekploitasi Mister Miracle adalah simbol bagi "ketamakan" Lee dalam mengambil kredit atas kerja keras Kirby.

Meski berawal sebagai karakter antagonis, pada masa mendatang, karakter Funky akhirnya muncul dengan tabiat yang lebih positif. Pada Mister Miracle edisi 2017, yang ditulis oleh Tom King menampilkan sosok Funky Flashman sebagai pengasuh anak Scott dan Barda. King juga menunjukkan ciri khas Stan Lee pada karakter Funky, seperti penggunaan quote legendarisnya: with great power comes great responsibility.

Uniknya, setelah kejadian tersebut, Jack Kirby dan Stan Lee akhirnya dapat bekerjasama kembali. Kirby kembali bekerja untuk Marvel Comics pada tahun 1975. Kirby dan Lee juga sempat bekerjasama dalam menggarap novel grafik Silver Surfer.(*)

Artikel Terkait
Hobi
San Diego Comic-Con Dialihkan ke Bentuk Virtual: Comic-Con at Home

Entertainment
Komik Black Panther #1 Bertanda Tangan Chadwick Boseman Dilelang

Hobi
Star Wars: The High Republic akan Rilis Manga 'The Edge of Balance'