Tech

LG Akan Rilis Masker Berteknologi Air Purifier, Ada Teknologi Disinfeksinya

Kezia Kevina Harmoko

Posted on August 29th 2020


(LG)

LG, perusahaan elektronik raksasa asal Korea Selatan akan merilis sebuah masker berteknologi tinggi bernama PuriCare Wearable Air Purifier. Yup, kalau biasanya air purifier berukuran besar dan berfungsi untuk membersihkan udara di suatu ruangan, kali ini teknologi tersebut akan disematkan dalam bentuk masker yang bisa digunakan sehari-hari!

Air purifier, pembersih udara ruangan (LG)

Masker satu ini diciptakan dari kebutuhan masyarakat saat ini untuk tetap aman dengan perlengkapan pelindung pribadi. Tapi, masker yang banyak beredar punya kualitas yang kurang konsisten dan terkadang bikin khawatir dengan efektivitasnya.

Perusahaan satu ini memang tidak gamblang menyebutkan pandemi Covid-19 sebagai pendorong terciptanya masker purifier satu ini, namun kemunculannya memang tepat waktu dengan situasi yang kita hadapi saat ini.

Masker yang menggunakan baterai ini efektif melawan polusi dengan dua filter H13 high-efficiency particulate air (HEPA) di dalamnya. Filter ini juga digunakan dalam air purifier buatan LG, ditambah lagi dengan adanya sinar UV-LED yang mampu melakukan disinfeksi terhadap udara.

Bagian dalam masker PuriCare (LG)

Baterai yang digunakan adalah baterai built-in ukuran 820mAh yang mampu bertahan delapan jam dalam mode rendah dan dua jam dalam mode tinggi. 

Dengan segala teknologinya yang canggih, masker satu ini mampu menyesuaikan jalan semua fitur tersebut dengan kebutuhan pengguna. Kecepatan membersihkan udara akan mengikuti pola pernafasan pengguna, sehingga bisa lebih efektif.

Kalau intensitas bernafas tinggi, sensor akan mendeteksi jumlah volume udara pengguna dan mendorong kipas lebih cepat. Ketika menghembuskan nafas, kipas akan lebih pelan sehingga bernafas tetap nyaman.

Karena bisa digunakan berulang kali, LG menyebut masker ini sebagai solusi yang ramah lingkungan, karena LG PuriCare ini bisa diisi daya berulang kali. Desainnya juga diklaim pas untuk penggunaan berjam-jam dan aman karena meminimalisasi celah udara di hidung dan dagu.

Sayangnya, belum ada kabar lebih lanjut mengenai harga atau kapan produk satu ini akan dirilis. Perusahaan elektronik ini akan memberikan informasi lebih lanjut setelah serangkaian uji coba selesai. Dilansir dari Hypebeast, kemungkinan PuriCare Wearable Air Purifier ini akan muncul di bulan Oktober hingga Desember mendatang di daerah yang terpilih.(*)

Related Articles
Tech
Facebook dan Instagram Bakal Selalu Ingatkan Pengguna Untuk Pakai Masker

Current Issues
Dirjen WHO: Herd Immunity Respon Pendekatan Pandemi yang Tak Etis

Lifestyle
Menjaga Kedekatan Pertemanan Selama Pandemi? Ikuti 5 Tips ini...