Tech

Twitter Gulirkan Fitur 'Quote' Agar Bisa Tahu "Retweet yang Dikomentari"

Ahmad Redho Nugraha

Posted on August 27th 2020

Sejauh ini, Twitter mungkin merupakan media sosial terfavorit masyarakat Indonesia dalam "membacot". Sirkulasi informasi dapat terjadi dengan demikian cepat di Twitter, lewat tagar dan fitur trending topic.

Nah, kabar terbarunya, Twitter kini coba sedikit bereksperimen terkait dengan percakapan yang kerap terjadi dengan liarnya pada sebuah tweet yang di-retweet. Twitter mengujicoba fitur 'quote'.

Fitur baru ini bisa mencatat berapa banyak orang yang me-retweet suatu tweet dengan menambahkan komentarnya pada tweet tersebut. Ikon quote akan berada di sebelah ikon retweet dan love yang sudah lama ada di bawah tweet yang dikicaukan.

Fitur baru ini menerima respons yang beragam dari pengguna Twitter yang "kebagian jatah" dalam uji coba ini. Beberapa warganet menganggapnya cukup membantu dalam membedakan retweet biasa dan retweet yang disertai komentar. Sementara sebagian yang lain mengatakan update tersebut membingungkan karena ikon quote agak mirip dengan ikon love.

Twitter memberitahu TechCrunch jika fitur tersebut masih dalam tahap uji coba. Twitter bahkan tidak mengatakan jika fitur tersebut dinamai 'quote', tetapi lebih suka menyebutnya "quote tweets".

"Beberapa bulan lalu, kami membuat Retweet dengan Comment menjadi lebih dapat dilihat lewat mengklik ikon Retweet. Sehingga pengguna Twitter dapat melihat seluruh isi percakapan (pada tweet tersebut)," ujar juru bicara Twitter ada TechCrunch.

"Itu semua dapat diakses oleh seluruh pengguna. Sekarang, kami sedang menguji penggunaan Retweet dengan Comment yang dapat diakses langsung oleh pengguna Twitter (dengan fitur Quote atau Quote Tweet) untuk mengecek apakah fitur ini dapat mempermudah mereka," timpalnya.

Penggunaan istilah 'quote' tampaknya lebih dapat diterima, sebab "retweet and comment" terdengar terlalu panjang.(*)

Related Articles
Tech
Stitch, Fitur Baru TikTok untuk Mengutip Video dari Pengguna Lain

Tech
Susul Twitter dan YouTube, Facebook Kini Dilengkapi Fitur "Topic"

Tech
Twitter Rancang Layanan Berlangganan, Akankah Jadi Medsos Berbayar?