Entertainment

Jadi Album Terfavorit, Ini Fakta Album Baru Rich Brian ‘1999’

Kezia Kevina Harmoko

Posted on August 26th 2020

(Bandwagon)

Rich Brian, rapper kebanggan kita, baru aja merilis sebuah album terbaru nih. Album yang dinamai 1999 atau tahun lahirnya ini terdiri dari tujuh lagu yang enak-enak banget dan pasti bisa bikin mood naik deh!

Album yang ia klaim menjadi album terfavoritnya ini menunjukkan kemampuan rapper kelahiran 21 tahun lalu ini dalam ngerap sekaligus bernyanyi lho. Nggak cuma itu, liriknya juga punya makna yang oke banget. Penasaran sama tiap lagunya? Nih simak fakta-faktanya!

1. Sometimes

Dengan musik synth yang kental, lagu rap satu ini super catchy dengan liriknya yang bercerita tentang seiris kehidupan Brian. Ia ingin jadi seseorang yang sukses tanpa banyak drama, tanpa mengubah jati dirinya, tapi terkadang hidup benar-benar menyebalkan dan menjatuhkan ekspektasi kita.

Nggak masalah, yang penting kita tetap harus terus mencoba! “I don’t care that I fell, I’ma make this jump. Even if I don’t, I became too numb. Even if I fall, least I’m having fun”

2. Don’t Care

Lagu yang sudah lebih dulu dirilis pada 18 Agustus lalu ini cocok banget kamu jadikan kode buat fake friend yang hobi berpura-pura baik tapi ternyata berniat jahat. Daripada pusing, lebih baik gak usah peduli dan dengerin lagu ini aja~ “Some of these people be lookin’ like angels, but one day you realize that they been the devil behind us”

3. Long Run

Long Run punya nuansa rap yang sangar dibanding lagu-lagu lain di album ini . Sesuai judulnya, pemilik nama asli Brian Immanuel Soewarno ini menggambarkan kehidupan sebagai jalur yang panjang dan terselip berbagai kerja keras di dalamnya.

Di paling akhir bagian chorus, Brian melantunkan lirik “Man, your life is not a paradise, you never went to Bali.” Wah, ada spot wisata Indoensia tuh disebut. Sebelumnya rapper satu ini sudah merilis single yang berjudul Bali juga lho!

4. When You Come Home

Istirahat dulu deh dari deretan lagu rap yang keren abis. Di lagu ini, kita seakan dibikin relax dengan iringan musik pelan dan vokal Rich Brian yang nggak kalah bagus dari kemampuan rapnya. Dari liriknya, tersirat perasaan rindu yang mendalam banget untuk orang yang berada sangat jauh.

Bisa jadi Brian lagi mendeskripsikan rasa kangennya sama keluarga ketika dia pergi dari Indonesia buat mengejar karier nih. “I got all these questions to ask but I’ll save them for when you come home”

5. DOA

Pas Brian pertama kali merilis daftar lagu album 1999, warganet Indonesia langsung heboh dengan lagu satu ini. Kebanyakan mengira kalau lagu ini menggunakan kata “doa” dalam Bahasa Indonesia yang berarti memanjatkan permohonan pada Tuhan.

Tapi, DOA di sini ternyata singkatan dari istilah medis Death On Arrival, yang bermakna kondisi pasien sudah meninggal ketika sampai di rumah sakit. Memang, liriknya bercerita tentang bersaing dengan seseorang yang sedari awal sudah nggak selevel dengan kita. Dilansir dari Hypebeast, ternyata lagu ini menjadi salah satu favorit Brian lho.

6. Love In My Pocket

Lagu paling awal yang dirilis Brian ini sempat menggegerkan para penggemar dengan video musiknya yang apa adanya. Hanya berlatarkan green screen, ia beralasan kalau ia kekurangan dana untuk bikin video yang bagus karena pandemi bikin tur musik dibatalkan. Alhasil, deretan video editan kocak jadi marketing tersendiri deh buat lagu ini.

7. Sins

“Ini mungkin lagu terbaik yang pernah aku buat,” kata Brian. Diawali dengan petikan gitar listrik yang asyik, vokal rapper satu ini berhasil banget bikin telinga kagum deh. Lucunya, lagu tentang hubungan yang rumit ini punya bagian pesan suara seorang perempuan yang menangis sambil berkata bahwa ia bangga pada Brian. Ternyata, ini pesan yang memang dikirimkan temannya, Natalie. Unik banget deh!

Nah, dari tujuh lagu di album 1999, yang mana nih yang jadi favoritmu?(*)

Artikel Terkait
Entertainment
Rich Brian Rilis ‘Don’t Care’, Pesan Menohok Untuk Orang-Orang yang Toxic

Opinion
Keliling Dunia Pakai Mobil Sedan, Ini Makna MV ‘DOA’ Rich Brian

Entertainment
Rich Brian Rilis MV Baru "Love In My Pocket", Mi Instan Jadi Pusat Perhatian